SMK 2 Padang Jamin Tak Ada Diskriminasi Meski Jeni Hia Tak Pakai Kerudung

Jeka Kampai - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 15:12 WIB
Kasus Siswi Nonmuslim Pakai Jilbab, Kepala SMK Negeri 2 Padang Minta Maaf
Kepala SMKN 2 Padang Rusmadi (Jeka Kampai/detikcom)
Padang -

Jeni Cahyani Hia menolak menggunakan kerudung atau jilbab saat belajar di sekolah. Pihak SMK Negeri 2 Padang menjamin Jeni Hia tetap bisa sekolah seperti biasa tanpa adanya intimidasi, diskriminasi, atau paksaan menggunakan seragam seperti yang lain.

"Saya bisa memberi garansi, menjamin, bahwa Ananda Jeni tetap bisa sekolah seperti biasa," kata Kepala SMKN 2 Padang Rusmadi kepada wartawan, Sabtu (23/1/2021).

Jeni dan orang tuanya, Elianu Hia, sudah menandatangani surat pernyataan menolak menggunakan kerudung di sekolah. Surat itu berisi dua hal, yakni tidak bersedia memakai kerudung seperti yang telah ada dalam peraturan sekolah, dan bersedia melanjutkan masalah ini dan menunggu keputusan dari pejabat yang lebih berwenang.

"Kalau Ananda kita Jeni Cahyani Hia tidak mau menggunakan jilbab, yang bersangkutan tetap bisa sekolah seperti biasa. Sekolah memfasilitasi keinginan ananda kita itu untuk berseragam sekolah seperti yang disebutkan dalam surat pernyataannya," kata Rusmadi.

Menurut dia, pihak sekolah tidak melakukan pemaksaan, melainkan hanya mengimbau siswa agar menggunakan kerudung atau jilbab. Rusmadi menjelaskan ketentuan penggunaan seragam sekolah telah diatur untuk pakaian apa yang akan digunakan sejak Senin sampai Jumat.

Jaminan serupa juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri. Dia mengatakan tak ada paksaan sama sekali terkait seragam tersebut.

"Tidak ada paksaan sama sekali. Jeni tetap bisa sekolah seperti biasa," kata Adib.

Pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar juga sudah mengirim tim khusus untuk menginvestigasi persoalan tersebut.

Bagaimana awal mula kasus ini jadi sorotan? Simak halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2