Pasien COVID di Tangsel Meninggal Usai 2 Hari Tak Dapat Ruang ICU di RS

Mei Amelia R - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 11:47 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Seorang pasien penderita COVID-19 meninggal di sebuah Puskesmas di Kota Tangerang Selatan. Pasien berjenis kelamin laki-laki itu dilaporkan meninggal dunia setelah menunggu ruangan ICU selama dua hari.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie membenarkan adanya kejadian tersebut. Benyamin menjelaskan bahwa ruang ICU di rumah sakit-rumah sakit rujukan COVID-19 di Tangsel juga sedang full 100 persen.

"Iya betul, memang ada. Meninggal di Puskesmas, sekitar dua atau tiga hari yang lalu," kata Benyamin saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (23/1/2021).

Benyamin menjelaskan, mekanisme penanganan pasien COVID-19 di Kota Tangerang Selatan, seseorang yang terkonfirmasi COVID-19 harus melapor terlebih dahulu ke hotline 119. Pasien nantinya akan dirujuk ke Puskesmas terdekat dan kemudian Puskesman nantinya yang akan mencarikan ruangan untuk perawatan pasien COVID-19 ke rumah sakit-rumah sakit rujukan.

"Jadi yang bersangkutan datang dengan kondisi bukan gejala ringan, tetapi sudah berat. Petugas Puskesmas sudah mencarikan ruangan ICU untuk pasien tersebut, tetapi memang saat itu kondisi keterisian ICU sudah full 100 persen," jelas Benyamin.

Ia menambahkan, pihak Puskesmas juga sudah mencarikan ruangan ICU ke rumah sakit-rumah sakit yang ada di daerah penyangga.

"Sudah dicarikan juga ke rumah sakit di Jakarta, di Depok, di Bogor, Kota Tangerang, memang semua kondisinya juga sama," katanya.

Pria yang akrab disapa Ben ini menambahkan kondisi ini terjadi pascalibur natal dan tahun baru.

"Ada peningkatan pasien COVID-19 di Tangsel terutama pascaliburan kemarin. ICU itu full 100 persen dan tempat tidur 95 persen terisi," imbuhnya.

Karena dua hari tidak kunjung mendapatkan ruangan ICU, pasien tersebut akhirnya meninggal dunia di Puskesmas. Benyamin pun menyampaikan rasa prihatinnya.

"Iya kami menyampaikan rasa prihatin atas meninggalnya pasien tersebut," kata Benyamin.

Informasi soal pasien COVID-19 yang meninggal dunia ini dilaporkan ke akun Twitter @LaporCOVID. Dalam laporan tersebut, seorang pasien COVID-19 dikabarkan meninggal dunia setelah menunggu ruang ICU di rumah sakit di Kota Tangsel selama dua hari.

Simak juga video 'Jangan Abaikan Protokol Kesehatan Meski Sudah Divaksinasi':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/bar)