Round-Up

Menanti Siapa Kabareskrim Setelah Komjen Sigit Resmi Jadi Kapolri

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 07:58 WIB
Gedung Mabes Polri
Gedung Mabes Polri (Foto: Ari Saputra)

Neta kemudian menyebut sejumlah nama yang disebut bakal mengisi posisi Kabareskrim dan Sestama Lemhannas tersebut. Untuk posisi Kabareskrim, Neta menyebut ada nama Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta, Wakabareskrim Irjen Wahyu Adhinigrat, Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri hingga Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada.

"Untuk posisi Kabareskrim beredar kabar, sedikitnya ada empat calon, yakni Irjen Wahyu Widada (Kapolda Aceh), Irjen Nico Afinta (Kapolda Jatim), Irjen Dofiri (Kapolda Jabar), dan Irjen Wahyu Adhinigrat (Wakabareskrim)," sebutnya.

Kemudian untuk posisi Sestama Lemhannas, Neta mengatakan muncul nama Irjen Luki. Ia mengatakan kiprah Irjen Luki cukup mentereng ketika menjabat Kapolda Jatim.

"Selain itu Irjen Luki (Wakalemdikpol) juga disebut sebut akan bergeser ke Sestama Lemhannas atau ke posisi lain. Saat menjadi Kapolda Jatim, Luki berhasil mengamankan pelaksanaan Pilpres 2019 sehingga memberikan kemenangan signifikan bagi Jokowi untuk menjabat dua periode," tuturnya.

Mabes Polri pun angkat bicara mengenai posisi Kabareskrim. Polri mengatakan Kabareskrim yang baru bakal diumumkan setelah Komjen Sigit dilantik menjadi Kapolri.

"(Pengganti Kabareskrim diumumkan) setelah Kapolri baru dilantik," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono melalui pesan singkat kepada detikcom, Jumat (22/1).

Dihubungi terpisah, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyampaikan saat ini Polri belum menetapkan Kabareskrim baru. Rusdi mengatakan pemilihan Kabareskrim akan dilakukan oleh Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

"Wah, itu sampai saat ini belum (nama calon Kabareskrim). Yang jelas proses pengangkatan ada namanya Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi, itu yang akan memproses itu semua," kata Rusdi.

Rusdi menjelaskan nantinya Wanjakti akan mendiskusikan nama-nama calon kandidat terbaik Polri yang layak untuk menggantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo. "Ya tentunya nanti dewan itu akan mendiskusikan, merapatkan siapa saja personel terbaik Polri yang akan atau dianggap mampu untuk memangku jabatan tersebut," jelasnya.

Halaman

(knv/dwia)