BPIP: Aturan SMKN 2 Padang soal Jilbab Tak Sesuai Pancasila

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 22:07 WIB
Hariyono
Wakil Ketua BPIP, Prof Hariyono (Ari Saputra/detikcom)

Dia menyerahkan pengambilan keputusan tegas kepada Kepala Dinas hingga tingkat Sumatera Barat. "Atasan kepala sekolah, Kepala Dinas, dan Pemerintah Provinsi yang memiliki kewenangan memberi teguran, peringatan hingga hukuman," kata dia.

Sebelumnya, sebuah video viral memperlihatkan percakapan antara orang tua siswi SMKN 2 Padang bernama Jeni Cahyani Hia, yakni Eliana Hia, dan pihak SMKN 2 Padang. Eliana dipanggil pihak sekolah karena anaknya, Jeni Cahyani Hia, tidak mengenakan jilbab.

Jeni tercatat sebagai siswi Kelas IX pada Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)) di sekolah itu. Ia tidak mengenakan jilbab karena bukan muslim.

SMKN 2 Padang sudah memberi penjelasan. Pihak SMK Negeri 2 Padang membantah informasi yang menyebutkan pihaknya mewajibkan siswa nonmuslim menggunakan jilbab.

"Kami tidak mewajibkan siswi nonmuslim untuk menggunakan kerudung seperti informasi yang viral di media sosial," kata Kepala SMKN 2 Padang Rusmadi kepada wartawan, Jumat (22/1).

Menurutnya, pihak sekolah tidak melakukan pemaksaan, melainkan hanya mengimbau siswa menggunakan kerudung atau jilbab. "Tidak ada paksaan," ujarnya.

Sementara itu, Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat langsung menindaklanjuti kabar itu. Ombudsman Sumbar menduga ada maladministrasi terkait kebijakan itu.

Halaman

(dnu/knv)