Diguyur Hujan, Manado Kembali Dilanda Banjir dan Longsor

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 19:54 WIB
Personel Brimobda Sulut menangani longsor dan korban banjir di Manado (Twitter @ppidbrimobsulut)
Personel Brimobda Sulut menangani longsor dan korban banjir di Manado. (Twitter @ppidbrimobsulut)
Jakarta - Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut), kembali dilanda banjir. Banjir dipicu hujan yang terjadi terus-menerus.

"Iya, sekarang masih banjir," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, Joy Oros Kaban, saat dimintai konfirmasi, Jumat (22/1/2021).

Dia mengatakan banjir terjadi sejak siang tadi. Saat dikonfirmasi soal longsor, Joy mengaku belum mengetahui informasi pastinya. Banjir juga menyebabkan listrik di Manado padam.

"(Banjir) Dari siang, karena hujan. Kemarin kan sempat berhenti. Ini masih hujan. Luasan (wilayah terdampak) masih seperti kemarin," katanya.

Personel Brimobda Sulut menangani longsor dan korban banjir di Manado (Twitter @ppidbrimobsulut)Personel Brimobda Sulut menangani longsor dan korban banjir di Manado. (Twitter @ppidbrimobsulut)

"HP saya baru saja hidup. Sekarang masih banjir. Saya belum monitor longsor karena mati lampu dari siang," tambah Joy.

Sejumlah personel Brimob Polda Sulut membersihkan jalan yang tertimbun longsor. Petugas juga mengevakuasi warga yang jadi korban.

"Personel Brimob Sulut membantu membersihkan jalan yang tertimbun longsor dan mengevakuasi masyarakat yang terisolir akibat banjir di wilayah Kota Manado," demikian cuit akun Sat Brimobda Sulut, @ppidbrimobsulut. (jbr/knv)