detikcom Do Your Magic

DPRD Minta Pemprov DKI Fasilitasi Parkir Sepeda di Stasiun KRL

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 17:21 WIB
Tak ada tempat parkir sepeda di Stasiun Tebet, Rabu (20/1). Sepeda harus diikat dengan pagar stasiun.
Foto: Taufieq Renaldi Arfiansya/detikcom
Jakarta -

Ketua Komisi B, DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakrta untuk memfasilitasi parkir sepeda di stasiun-stasiun. Adanya parkir sepeda bisa membantu mobilitas warga untuk beraktivitas.

"Pemda DKI harus menyediakan tempat parkir sepeda yang aman, nyaman, mempuni. Karena mereka nggak mungkin naik sepeda dari ujung ke ujung. (Biasanya) dari rumah ke stasiun, stasiun ke kantor. PR kita sekarang adalah, tempat parkir (sepeda) belum ada secara khusus, yang ada parkir motor," ujar Aziz saat dihubungi, Jumat (22/1/2021).

Menurut Aziz, masih banyak lahan-lahan kosong di area stasiun-stasiun. Area itu bisa dimanfaatkan dan Pemprov DKI bisa menjalin kerja sama dengan PT KAI Commuter.

"Bisa (kerja sama), tanahnya kan juga banyak. Lihat stasiun-stasiun kan, bisa lah, masih banyak yang kosong, bisa dimanfaatkan," katanya.

Menurut Aziz, lahan untuk parkir sepeda tidak terlalu luas. "Ada parkir sepeda dibediriin gitu, dan tempat yang tidak cukup luas," katanya.

Lahan-lahan di luar stasiun milik masyarakat bisa juga digunakan untuk parkir sepeda. Tapi masyarakat enggan menjadikannya karena dinilai tidak akan menguntungkan.

"Bisa bentuk kerja sama (Pemda) dengan masyarakat sekitar. Jadi, memang di awalnya subsidi oleh Pemda hingga pesepeda benar-benar banyak. Saat ini, masyarakat tak mau investasi karena pengguna cuma sedikit," katanya.

Diketahui, di Jakarta, banyak stasiun-stasiun yang tidak memiliki parkir Sepeda. Salah satunya di Stasiun Tebet, pada Rabu (20/1) pukul 10.58 WIB, terdapat dua sepeda yang terpaksa parkir bersandar di pagar stasiun. Sepeda diikat dengan rantai ke pagar stasiun agar aman. Tak ada pula parkir sepeda di Tanjung Barat, saat detikcom menyambangi lokasi pada Rabu (20/1) pukul 19.27 WIB.

(aik/dnu)