detikcom Do Your Magic

Pakar: Selain Parkir Sepeda, KRL Perlu Sediakan Gerbong Khusus Sepeda

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 15:12 WIB
Aini Nur Maulida dan sepedanya di parkiran Stasiun Bekasi. (Taufieq RA/detikcom)
Aini Nur Maulida dan sepedanya di parkiran Stasiun Bekasi. (Taufieq RA/detikcom)
Jakarta -

Pembangunan fasilitas sepeda dinilai bisa mendorong lebih banyak masyarakat menggunakan alat transportasi ramah lingkungan ini. Maka, parkiran sepeda di stasiun-stasiun KRL perlu dibangun lebih baik agar lebih banyak orang yang memilih bersepeda.

"Parkir sepeda diutamakan sepeda sewa, tetapi tetap ada parkir sepeda umum, bisa dibuat bertingkat-tingkat untuk efisiensi lahan parkir," ucap pakar tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga, saat dihubungi, Jumat (22/1/2021).

Namun, menurut Nirwono, penyediaan lahan parkir untuk pesepeda tidak perlu terlalu banyak jika ada gerbong KRL khusus sepeda. Jadi, pesepeda, tak hanya sepeda lipat, bisa dengan leluasa membawa sepeda mereka untuk mobilitas di dalam kota.

"Sebenarnya, jika PT KAI dan KRL mengizinkan para pesepeda membawa masuk ke kereta seperti dulu, tahun 2005 sampai 2010 sempat disediakan gerbong khusus sepeda dan pesepeda yang tidak perlu bangku, maka kesediaan parkir sepeda tidak diperlukan banyak, karena para pesepeda akan lebih leluasa jika bisa bepergian dengan sepeda ke mana saja dengan menyambung dengan berbagai angkutan umum," kata Nirwono.

Kebijakan-kebijakan itu bisa mendorong masyarakat Jabodetabek, khususnya Jakarta, untuk menggunakan sepeda.

"Harusnya dengan segala kemudahan tersebut, masyarakat dapat didorong untuk lebih banyak bersepeda dalam beraktivitas harian sebagai alat transportasi ramah lingkungan dan terpenting menyehatkan," katanya.

"Namun, Pemda juga harus menjamin keselamatan dan keamanan pesepeda seperti memperbanyak jalur sepeda, yang sesuai kebutuhan pesepeda, parkir sepeda di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan seluruh kantor pemerintah didukung toko merangkap bengkel sepeda yang tersebar merata," sambungnya.

Pegowes berharap kondisi parkir sepeda di stasiun KRL bisa lebih baik lagi. Mereka ingin parkiran sepeda di stasiun mempunyai atap yang bisa melindungi dari hujan. Ada pula yang ingin desain rak penyangga sepeda bisa lebih baik. Faktor keamanan sepeda ketika ditinggal pemiliknya juga harus terjamin.

Di Jakarta, tidak semua stasiun memiliki parkir sepeda. Salah satunya di Stasiun Tebet, pada Rabu (20/1) pukul 10.58 WIB, terdapat dua sepeda yang terpaksa parkir bersandar di pagar stasiun. Sepeda diikat dengan rantai ke pagar stasiun agar aman. Tak ada pula parkir sepeda di Tanjung Barat, saat detikcom menyambangi lokasi pada Rabu (20/1) pukul 19.27 WIB.

Parkir sepeda juga tidak ada di Stasiun Bogor, Jawa Barat. Tak ada pula parkir sepeda di Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

(aik/dnu)