Formula E Tertunda, Jakpro Pastikan Commitment Fee Tak Hilang

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 15:19 WIB
Desain Sirkuit Formula E Jakarta
Foto: Desain sirkuit Formula E di Jakarta (dok. istimewa)
Jakarta -

Gelaran Formula E di DKI Jakarta telah ditunda akibat pandemi virus COVID-19. Namun, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memastikan dana komitmen atau commitment fee tidak akan hilang.

"Meski demikian, dipastikan dana commitment fee tidak akan hilang. Alasannya penundaan ini termasuk karena adanya pandemi COVID-19 yang melanda Ibu Kota," tulis keterangan dalam rilis Jakpro yang diterima detikcom, Jumat (22/1/2021).

Lebih lanjut, Corporate Communication Manager Jakpro, Melisa Sjach menerangkan pihaknya bersama Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta terus memantau situasi Ibu Kota terkini. Ke depan, keduanya akan menjadwalkan ulang ajang internasional ini.

"Kami mendukung langkah yang diambil Pemerintah sebagai upaya preventif terhadap perkembangan COVID-19 dengan pertimbangan mengutamakan keselamatan masyarakat di Indonesia, khususnya di Ibukota," kata Melisa.

Ia menilai ajang Formula E yang akan digelar di Jakarta merupakan tonggak sejarah bagi Indonesia di dunia olahraga otomotif. Selama 23 tahun, sebut Mellisa, Indonesia telah absen dalam penyelenggaraan event balapan yang masuk dalam jadwal Federasi Otomotif Internasional (FIA).

"Formula E merupakan cara promosi yang efektif untuk melawan perubahan iklim dan polusi udara di wilayah Metropolitan seperti Jakarta, sekaligus membawa peluang pertumbuhan industri dan ekonomi kreatif," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Formula E Operations (FEO) sepakat menunda gelaran Formula E 2020. Penundaan itu dilakukan karena ada wabah COVID-19.

Sejatinya, Formula E akan dilaksanakan pada 6 Juni 2020. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Achmad Firdaus mengatakan pihaknya telah mengucurkan dana 31 juta poundsterling sebagai dana komitmen untuk pelaksanaan Formula E.

Dana komitmen itu dibayarkan satu tahun sebelum pelaksanaan Formula E, yakni untuk pelaksanaan 2020 dibayarkan pada 2019 dan dilakukan dua kali termin setiap tahun pembayarannya.

"Soal commitment fee dalam rangka pelaksanaan Formula E seharusnya pada 6 Juni kemarin. Saya mengambil kesimpulan bahwa perjanjian E Formula dengan Jakpro pembayaran commitment fee dilaksanakan selama lima tahun, di mana tahun pertama 2019 sejumlah 20 juta poundsterling dan itu sudah dibayarkan di akhir 2019 melalui APBD 2019," ujar Firdaus di ruang rata Komisi E DPRD DKI Jakarta, Selasa (16/6/2020).

(aud/aud)