Polisi Kantongi Identitas Pemeran Wanita Video Mesum Pasien COVID di RSUD Dompu

Faruk - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 14:46 WIB
RSUD Dompu (Faruk/detikcom)
Foto: RSUD Dompu (Faruk/detikcom)
Dompu -

Polres Dompu telah meningkatkan status kasus video mesum pasien COVID-19 di RSUD Dompu dari penyelidikan ke tahap penyidikan. Polisi juga telah mengantongi identitas pemeran perempuan dalam video mesum tersebut.

"Yang wanita juga ini berasal dari Bima, kemarin kita coba jemput di rumahnya, tapi tidak ada di rumahnya," ujar Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat dalam konferensi pers di Mapolres Dompu, Jumat (22/1/2021).

Syarif menjelaskan pemeran perempuan yang belakangan diketahui berinisial N itu merupakan pengusaha muda pada bidang salon kecantikan yang berlokasi di Bima. Namun dia tidak merinci lebih jauh.

"Dia punya usaha di Bima, makanya dia tinggal di Bima," katanya.

Syarif mengatakan pihaknya saat ini masih mendalami lolosnya perempuan tersebut hingga bisa masuk ke ruang isolasi pasien COVID-19. Padahal menurut dia, rumah sakit memiliki SOP yang ketat terhadap pengunjung. Apalagi pemeran laki-laki merupakan pasien COVID-19.

"Dia ini kan dari luar, kenapa dia bisa masuk ke dalam, apakah tidak ada yang jaga atau sewa petugas jaga sehingga bisa masuk. Ini yang masih kita dalami," tegas Syarif.

Dalam kasus ini, Polres Dompu telah menetapkan dua orang tersangka, yakni perawat PNS di RSUD Dompu berinisial A dan pegawai honorer di RSUD Dompu berinisial HM. Keduanya dijadikan tersangka karena merekam dan menyebarkan video mesum tersebut.

"Dari saksi dan bukti, kita tetapkan berdasarkan gelar perkara, di mana kita menetapkan dua orang tersangka," ungkap AKBP Syarif.

Syarif menjelaskan tersangka A mengaku dengan sengaja merekam adegan mesum itu dari layar monitor CCTV dari dalam ruangan jaga piket. A lalu mengirim ke HM dengan tujuan melaporkan kepada kepala ruangan atas adanya kejadian tersebut. Namun HM malah tidak melapor kepada kepala ruangan. Dia justru menyebarluaskan video itu hingga pada akhirnya viral di media sosial.

"Inisial A yang pertama merekam dari monitor itu, yang kedua HM. A mengirim ke HM dan dari HM inilah yang menyebarkan video tersebut ke orang lain. Terhadap dua orang ini kita sudah lakukan penahanan di Polres Dompu," ujarnya.

Identitas laki-laki pemeran video mesum tersebut juga telah dikantongi. Pemeran laki-laki dalam video itu merupakan anggota Polres Dompu.

"Dari hasil pemeriksaan Propam, keterangan para saksi dan didapatkan keterangan dan bukti dari rumah sakit bahwa memang benar oknum yang ada di kamar itu adalah anggota Polres Dompu yang pada saat itu sedang dilakukan perawatan COVID-19," kata Syarif.

(mae/mae)