Fakta-fakta Pasien COVID Mesum di RSUD Dompu Berujung 2 Tersangka

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 14:11 WIB
RSUD Dompu (Faruk/detikcom)
Foto: RSUD Dompu (Faruk/detikcom)
Dompu -

Rekaman video mesum yang pemerannya pasien COVID-19 penghuni ruang isolasi RSUD Dompu, NTB bikin geger. Video berdurasi 1 menit 30 detik ini viral di media sosial.

Dirangkum detikcom, Jumat (22/1/2021), sudah ada tersangka dari kasus video mesum pasien COVID. Selain itu, salah satu pemeran dalam video mesum pasien COVID ini ternyata aparat penegak hukum.

Berikut ini fakta-fakta pasien COVID mesum di RSUD Dompu berujung 2 tersangka:

1. Mesum terjadi di ruang isolasi RSUD Dompu

Aksi tak senonoh ini diduga terekam CCTV yang terpasang di dalam kamar isolasi. Videonya mulai tersebar sejak Rabu (20/1) siang di media sosial, lalu menyebar secara berantai melalui aplikasi percakapan.

Dugaan pasien COVID-19 dalam video itu karena jenis ruangan, seperti warna cat, kasur, serta tabung oksigen, sama persis dengan ruangan isolasi pasien COVID di salah satu rumah sakit di Dompu. Polisi lalu membenarkan soal lokasi kejadian mesum pasien COVID ini.

"Itu pasti, sudah bisa diyakinkan 100 persen itu di RSUD Dompu. Cuma masih kita dalami motifnya seperti apa sehingga disebarkan," kata Kasat Reskrim Polres Dompu AKP Ivan Roland Christopel kepada detikcom, Kamis (21/1).

2. RSUD pastikan lelaki pemeran video pasien COVID

Kuasa hukum RSUD Dompu Supardin Sidik membenarkan pemeran pria di video itu merupakan pasien COVID-19. Dia mengatakan polisi sedang mengusut kasus ini.

"Mengenai kebenaran pasien COVID-19, iya benar. Mengenai dia APH (aparat penegak hukum), kami belum berani mengatakan itu, biarlah proses hukum yang membuktikan nanti," ujarnya saat ditemui wartawan di Mapolres Dompu.

3. Ada 2 tersangka kasus video mesum pasien COVID

Polres Dompu telah menetapkan dua orang tersangka dalam kasus video mesum pasien COVID ini. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka karena merekam dan menyebarkan video mesum tersebut.

"Dari saksi dan bukti, kita tetapkan berdasarkan gelar perkara, di mana kita menetapkan dua orang tersangka," ungkap Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, Jumat (22/1).

Dua tersangka yang ditetapkan tersebut inisial A (31), perawat PNS di RSUD Dompu, dan HM, pegawai honorer di RSUD Dompu. Keduanya ditetapkan tersangka setelah diperiksa sebagai saksi.

Syarif menjelaskan tersangka A mengaku dengan sengaja merekam adegan mesum itu dari layar monitor CCTV dari dalam ruangan jaga piket. A lalu mengirim ke HM dengan tujuan melaporkan kepada kepala ruangan atas adanya kejadian tersebut.

Namun HM malah tidak melapor kepada kepala ruangan. Dia justru menyebarluaskan video itu hingga pada akhirnya viral di medsos.

4. Pemeran pria ternyata polisi

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat mengakui bahwa pemeran pria dalam video mesum pasien COVID-19 adalah anggotanya. Dia mengatakan anggotanya tersebut tengah dirawat karena positif COVID-19.

"Dari hasil pemeriksaan Propam, keterangan para saksi dan didapatkan keterangan dan bukti dari rumah sakit bahwa memang benar oknum yang ada di kamar itu adalah anggota Polres Dompu yang pada saat itu sedang dilakukan perawatan COVID-19," kata AKBP Syarif Hidayat di kantornya, Dompu, Nusa Tenggara Barat, Jumat (22/1).

5. Siapa wanita dalam video itu?

Pihak rumah sakit RSUD Dompu sudah memberi penjelasan soal sosok pria di dalam video mesum itu. Lalu, siapa sosok wanita tersebut?

Sampai sejauh ini, sosok wanita itu belum terungkap. RSUD Dompu lewat kuasa hukum Supriadin, juga belum menjelaskan siapa sosok perempuan di video mesum pasien COVID itu.

Supriadin juga enggan menanggapi terkait adanya orang lain yang bisa masuk ke dalam ruang isolasi pasien COVID-19 tanpa adanya pengawasan ketat dari petugas RS.

Simak video 'Pengakuan Tersangka Kasus Mesum Gay di Wisma Atlet':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/fjp)