Round-Up

Simpang Siur Kabar Harun Masiku dari Kematian hingga Masih Kabur

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 07:52 WIB
DPO Harun Masiku.
Buron Harun Masiku (Situs resmi KPK)
Jakarta -

Jejak tersangka kasus suap pergantian antarwaktu anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Harun Masiku belum terendus. Kabar tentang keberadaannya kini simpang siur.

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman sempat menyebut Harun Masiku telah meninggal. Dia mengklaim mendapat informasi akurat dari jaringannya mantan intelijen.

Saat dimintai konfirmasi detikcom, Boyamin menyuruh detikcom mengutip pernyataan dia dalam sesi wawancara di akun YouTube Karni Ilyas, Karni Ilyas Club. Di video dengan judul BOYAMIN SAIMAN "DETEKTIF PARTIKELIR" HARUN MASIKU SUDAH MENINGGAL !? Boyamin bercerita soal keyakinannya tersebut.

Boyamin dulu pernah memberikan informasi soal lokasi keberadaan Djoko Tjandra saat berstatus buron. Kini Djoko Tjandra sudah ditangkap.

"Jaringan saya menyebutkan Harun Masiku sudah tidak ada atau meninggal tanda kutipnya, tidak tahu seperti apa," ucap Boyamin.

Menurut Boyamin, informasi itu diberikan bukan oleh informan sembarangan. Dia menyebut jaringannya itu jaringan terbaiknya.

"Jaringan terbaik saya loh. Jujur, ada beberapa pensiunan di lembaga intelijen. Beberapa mengatakan ke saya, itu (Harun) sudah meninggal," katanya.

Dia mengatakan tidak ada pembantahan atau informasi lain, sehingga dia meyakini hal tersebut.

Dari informasi itu, KPK menyebut kabar soal meninggalnya Harun Masiku tidak valid. Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyebut KPK sebagai lembaga hukum tentu harus memiliki dasar yang kuat untuk menentukan seorang telah dinyatakan meninggal. Ali memastikan bahwa KPK akan terus memburu Harun Masiku.

"Sejauh ini tidak ada informasi valid yang KPK terima terkait meninggalnya buron tersebut," ujar Ali.

Tonton juga 'Pimpinan KPK Blak-blakan Alasan Belum Tertangkapnya Harun Masiku'

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2