Round-Up

3 Hal tentang Rencana Pemerintah Izinkan Vaksinasi Mandiri Corona

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 07:15 WIB
Vaccine and syringe injection It use for prevention, immunization and treatment from COVID-19
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/kiattisakch)
Jakarta -

Pemerintah berencana akan mengizinkan program vaksinasi mandiri. Vaksin COVID-19 mandiri ini akan dilakukan oleh perusahaan.

Rencana vaksinasi mandiri ini diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo. Jokowi menceritakan bahwa banyak para pengusaha bertanya kepadanya perihal bisa atau tidaknya vaksinasi mandiri.

"Kemudian ada yang bertanya bagaimana mempercepat lagi? Banyak dari perusahaan, para pengusaha, menyampaikan, 'Pak, bisa nggak kita vaksin mandiri?'. Ini yang baru kita akan putuskan," kata Jokowi dalam peresmian pembukaan Kompas100 CEO Forum Tahun 2021, Kamis (21/1/2021).

"Karena apa? Kita perlu mempercepat, perlu sebanyak-banyaknya apalagi biaya ditanggung oleh perusahaan sendiri, kenapa tidak. Tetapi sekali lagi, harus kita kelola isu ini dengan baik. Mungkin bisa diberikan asal merek vaksinnya berbeda, untuk tempat vaksin juga berbeda bisa dilakukan," kata Jokowi.

Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah tengah mempersiapkan vaksin mandiri ini. Vaksin akan diberikan gratis kepada karyawan oleh perusahaan.

"Terkait dengan persiapan untuk akselerasi vaksin di mana akselerasi melalui program mandiri sedang dipersiapkan regulasinya karena mengatur pembelian oleh sektor-sektor industri tertentu dan itu akan diberikan kepada karyawan secara gratis juga," ujar Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto dalam jumpa pers di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (21/1).

Simak selengkapnya pada halaman selanjutnya.

Tonton juga video 'Jokowi Soal Vaksinasi Mandiri: Kenapa Tidak?'

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3