Jokowi Akan Putuskan Mekanisme Vaksin COVID-19 Mandiri, Ini Alasannya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 11:12 WIB
Presiden Jokowi setelah disuntik vaksin Corona
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemerintah sudah memulai program vaksinasi COVID-19 secara gratis bagi masyarakat Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun berbicara soal proses vaksinasi mandiri di perusahaan.

Jokowi mengungkapkan para pengusaha bertanya kepada dirinya soal bisa/tidaknya dilakukan vaksinasi COVID-19 secara mandiri. Mekanisme ini akan diputuskan Jokowi.

"Kemudian ada yang bertanya bagaimana mempercepat lagi? Banyak dari perusahaan, para pengusaha, menyampaikan, 'Pak, bisa nggak kita vaksin mandiri?'. Ini yang baru kita akan putuskan," kata Jokowi dalam peresmian pembukaan Kompas100 CEO Forum Tahun 2021, Kamis (21/1/2021).

Alasannya, kata Jokowi, vaksinasi COVID-19 perlu dilakukan secepatnya agar merata diterima masyarakat. Jokowi tidak mempermasalahkan apabila perusahaan siap menanggung vaksinasi COVID-19 bagi pegawainya.

"Karena apa? Kita perlu mempercepat, perlu sebanyak-banyaknya apalagi biaya ditanggung oleh perusahaan sendiri, kenapa tidak. Tetapi sekali lagi, harus kita kelola isu ini dengan baik. Mungkin bisa diberikan asal merek vaksinnya berbeda, untuk tempat vaksin juga berbeda bisa dilakukan," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan vaksinasi COVID-19 adalah salah satu kunci untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia. Jokowi memamerkan jumlah fasilitas kesehatan yang dimiliki.

Simak video 'Jangan Panik dengan Gejala Pascavaksinasi COVID-19!':

[Gambas:Video 20detik]



Simak di halaman selanjutnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2