Fadli Zon Dilaporkan ke MKD DPR Gegara Like Bokep, Sejauh Mana Prosesnya?

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 21:31 WIB
Fadli Zon (Azizah/detikcom)
Fadli Zon (Azizah/detikcom)
Jakarta - MKD DPR RI tengah memproses laporan Dewi Ambarwati atau Dewi Tanjung mengenai viralnya kasus akun Twitter dari anggota Komisi I DPR RI, Fadli Zon, yang diviralkan karena like konten film porno atau bokep. MKD DPR RI mengatakan laporan tersebut masih dalam proses pendalaman para tenaga ahli MKD DPR RI.

"Itu apa dari tenaga ahli lagi ini-in laporannya. Lagi menganalisa. Kemarin waktu rapat minggu lalu sudah kita bahas," kata Wakil Ketua MKD DPR RI Trimedya Panjaitan kepada wartawan, Kamis (21/1/2021).

"Iya pendalaman di tenaga ahli," sambungnya.

Anggota Komisi III DPR RI itu mengatakan ada sejumlah mekanisme yang sedang dikerjakan oleh tim ahli MKD. Salah satunya penyelidikan terkait identitas pelapor.

"Pertama betul ada laporan. Kedua pelaporan itu masih dalam proses penyelidikan tenaga ahli MKD. Nah penelitian itu terkait identitas si pelapor, kemudian kualitas dari pelapor. Ketiga dia kasih opini. Setelah itu kita putuskan dia dipanggil atau tidak gitu loh. Jadi mekanismenya seperti itu," ucapnya.

Trimedya menegaskan MKD DPR RI akan transparan dalam mengusut kasus itu. Ia memastikan tidak akan menutupi proses penyelidikan laporan mengenai anggota Dewan.

"Yang jelas kita tidak akan menutup-nutupi kasus ini. Tidak berupaya juga kalau kita anggap ada pelanggaran moral atau etika kita lindungi," tegasnya.

Diketahui, Dewi Tanjung membuat laporan ke MKD DPR RI pada Senin (11/1/2021) di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta. Dewi menilai Fadli Zon selaku pejabat negara tak pantas melakukan hal tersebut.

"Saya datang ke sini melaporkan anggota DPR RI yang bernama Fadli Zon dari Partai Gerindra, Komisi I," kata Dewi Tanjung Senin (11/1).

Fadli Zon sebelumnya juga telah angkat bicara terkait heboh akun Twitter resminya disebut-sebut netizen menyukai posting-an tak senonoh. Fadli Zon membantah pernah menyukai posting-an tak senonoh.

Dewi Tanjung melaporkan Fadli Zon ke MKD DPR RI (Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom).Dewi Tanjung melaporkan Fadli Zon ke MKD DPR RI (Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom).


Klarifikasi Fadli Zon disampaikan via Twitter, Kamis (7/1). Fadli Zon mengaku sudah mengecek keanehan akun Twitter-nya.

"Saya dan Tim Admin sudah cek keanehan akun Twitter ini kemarin. Sudah pasti tak pernah like situs tak senonoh, yang ada selalu blokir," kata Fadli Zon.

Fadli Zon telah memerintahkan stafnya bersih-bersih akun Twitter dari anonim. Fadli Zon juga me-reset password Twitter-nya.

"Sekaligus bersih-bersih dari banyak akun anonim tak jelas, juga reset kembali password," sebut Fadli Zon.

(hel/man)