DVI Polri Targetkan Identifikasi Jenazah Korban SJ182 Selesai Pekan Depan

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 20:27 WIB
Jumpa pers Tim DVI Polri, 20 Januari 2021. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Tim DVI Polri Sampaikan Hasil Identifikasi Korban SJ182 (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri menargetkan proses identifikasi jenazah korban Sriwijaya Air SJ182 selesai pekan depan. Hal ini disebabkan proses identifikasi melalui pencocokan DNA membutuhkan waktu yang panjang.

"Lebih kurang satu minggu lagi, karena proses DNA panjang," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono kepada wartawan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (21/1/2021).

Rusdi mengatakan Tim DVI masih akan terus melakukan kegiatan identifikasi meskipun operasi SAR jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di Kepulauan Seribu telah ditutup hari ini. Tim DVI meyakini tidak tertutup kemungkinan besok masih akan ada korban-korban yang teridentifikasi.

"Kita belum ada kepastian akan menghentikan kegiatan tetapi di sini masih melakukan kegiatan identifikasi," ungkap Rusdi.

Lebih lanjut, Rusdi mengungkapkan, tim DVI RS Polri saat ini sedang melakukan proses rekonsiliasi melalui DNA dari keluarga korban. Saat ini, kata dia, tinggal proses pencocokan DNA.

"Tetapi seluruh kantong sudah dilakukan identifikasi, pemeriksaan. Hanya sekarang proses rekonsiliasi melalui DNA," kata Rusdi.

"Seluruhnya sudah terperiksa hanya proses pencocokan DNA ini memang ini agak panjang, waktunya lima hari sampai tujuh hari seperti itu," lanjutnya.

Diketahui tim DVI Polri kembali mengidentifikasi 4 korban Sriwijaya Air SJ182. Keempat korban diidentifikasi melalui pencocokan DNA.

"Tim berhasil mengidentifikasi 4 korban pada hari ini sehingga korban yang berhasil diidentifikasi sebanyak 47 orang," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono kepada wartawan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (21/1/2021).

Dari keempat korban yang berhasil diidentifikasi itu bernama Angga Fernanda Afrion (27), Rion Yogatama (29), Rusni (44) dan satu orang lagi bernama Sevia Daru. Dari penambahan ini, Rusdi menerangkan sudah ada 47 korban Sriwijaya Air SJ182 yang teridentifikasi.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2