Kiprah Irjen Wahyu Widada, Ketua Tim Visi Misi Calon Kapolri Komjen Sigit

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 19:22 WIB
Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada (Agus Setyadi/detikcom)
Foto: Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada (Agus Setyadi/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Aceh, Irjen Wahyu Widada menjadi sosok penting di balik suksesnya Komjen Listyo Sigit Prabowo melewati proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri. Jenderal bintang dua itu dipercaya Komjen Sigit sebagai Ketua Tim Naskah untuk fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR RI.

"Tadi pukul 15.00 WIB, materinya sudah diserahkan ke Komisi III DPR, oleh Ketua Tim Naskah Irjen Wahyu Widada (Kapolda Aceh) didampingi Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. Intinya program kerja Kapolri ke depan. Besok kita dengarkan dan simak bersama saat fit and proper test di DPR," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono pada Selasa (19/1/2021).

Seperti diketahui, makalah berjudul 'Transformasi Menuju Polri yang Presisi: Prediktif-Responsibilitas-Transparasi Berkeadilan' yang dibacakan Komjen Sigit mendapat pujian para anggota dewan. Promoter, jargon Polri sebelumnya, diganti menjadi Presisi.

"Makalah yang dibuat teman-teman, yang diprakarsai Bapak Sigit, ini makalah terbaik sepanjang zaman ini. Sempurna," kata Anggota Komisi III Fraksi Golkar Supriansa saat fit and proper test calon Kapolri di Ruang Rapat Komisi III, kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1).

Senada dengan Supriansa, anggota Komisi III Fraksi PKS Dimyati Natakusumah juga memuji makalah Komjen Sigit. Dia menyebut makalah itu layak mendapat nilai 9.

"Terkait Promoter berganti Presisi, ini luar biasa, Pak, saya kasih nilai 9, Pak. Makalahnya sangat bagus dan saya sangat senang membacanya," ujar Dimyati di kesempatan yang sama.

"Sangat menarik makalah ini yang dibuat, saya sampai dua kali membaca. Ini betul-betul kajian ilmiah sebenarnya, karena banyak filsafat yang terkandung di dalamnya, kajian ilmu ontologinya ada, epistemologi dan aksiologinya dengan tag lain polisi yang Presisi, transformasi polisi menuju presisi, prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan," sambung anggota Komisi III dari Fraksi PAN, Sarifuddin Sudding.

Kembali ke Irjen Wahyu Widada, dia bukanlah orang sembarangan karena dia merupakan lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) atau Adhi Makayasa angkatan 1991. Dia dan Komjen Sigit adalah teman satu angkatan.

Makalah calon Kapolri Komjen Listyo Sigit diserahkan ke Komisi III DPR (Rolando Fransiskus Sihombing/detikcom).Foto: Makalah calon Kapolri Komjen Listyo Sigit diserahkan ke Komisi III DPR (Rolando Fransiskus Sihombing/detikcom).

Selanjutnya
Halaman
1 2