Tabur Bunga bagi Korban Sriwijaya Air SJ182 Digelar Besok

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 18:36 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Budi Karya Sumadi (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tabur bunga terhadap korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 bakal dilakukan besok pagi. Setidaknya 50 perwakilan keluarga korban diajak dalam tabur bunga tersebut.

"Untuk menghormati para korban, besok pagi jam 6 pagi dengan KRI Semarang dengan paling tidak perwakilan 50 keluarga korban akan menuju ke sekitar Pulau Lancang untuk melakukan tabur bunga," ujar Menhub Budi dalam jumpa pers di JICT II, Kamis (21/1/2021).

Menhub Budi, mewakili pemerintah, menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga korban yang ditinggalkan. Dia berdoa agar seluruh korban SJ182 diberi tempat terbaik di sisi Tuhan.

"Untuk itu semuanya pemerintah menyampaikan dukacita yang mendalam dan berdoa agar para korban dapat tempat di sisi Tuhan Yang Maha Esa," harapnya.

Sementara itu, Kepala Basarnas Marsma TNI Bagus Puruhito kembali mengulangi pernyataan Menhub Budi kalau penaburan bunga bakal dilakukan besok di sekitar Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. Bagus juga mendoakan korban agar meninggal dalam keadaan husnulkhatimah.

"Dan selanjutnya besok direncanakan akan dilaksanakan acara tabur bunga bersama-sama keluarga yang dihadiri oleh kedinasan terkait," ucap Bagus.

"Saya selaku Kabasarnas atau SAR koordinator beserta seluruh tim SAR yang terlibat menghaturkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga korban. Semoga diberi ketabahan dan keikhlasan serta teriring doa semoga korban meninggal dalam khusnul khotimah," tandasnya.

Seperti diketahui, Menhub Budi Karya Sumadi mengumumkan kalau operasi pencarian dan pertolongan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 ditutup. Evakuasi dihentikan usai dilakukan selama 13 hari oleh tim SAR gabungan.

Upaya evakuasi SJ182 bakal tetap dilanjutkan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). KSAL, TNI, dan Polri turut mendukung operasi lanjutan tersebut.

Basarnas diketahui telah 2 kali memperpanjang operasi SAR Sriwijaya Air ini. Budi Karya menyampaikan apresiasinya kepada tim gabungan yang telah menjalankan upaya pencarian.

"Hari ini hari terakhir perpanjangan Basarnas. Kita menutup operasi SAR hari ini," ujar Menhub Budi Karya dalam jumpa pers di JICT II, Kamis (21/1/).

(gbr/gbr)