Pilkada Serentak Lancar, MPR Singgung Peran 4 Pilar di Tengah Warga

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 18:26 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan
Foto: MPR
Jakarta - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang telah diselenggarakan di beberapa wilayah termasuk Kabupaten Cianjur pada Desember 2020 lalu berjalan dengan lancar dan aman. Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menilai lancarnya kegiatan ini merupakan bentuk kesuksesan dari penerapan demokrasi di Indonesia.

"Saya sebagai Pimpinan MPR, sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak baik itu penyelenggara, TNI dan Polri juga rakyat yang betul-betul secara konsisten menjaga pesta demokrasi tersebut berjalan secara demokratis dengan menjunjung tinggi nilai kebersamaan," ujar dia dalam keterangannya, Kamis (21/1/2021).

Hal tersebut ia sampaikan dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR yang bekerja sama dengan Mapolres Cianjur di Aula Wira Pratama, Kompleks Mapolres, Cianjur, Jawa Barat. Syarief Hasan berharap Pilkada dapat melahirkan sosok pemimpin yang amanah dan memiliki kapabilitas untuk memajukan daerahnya.

Lebih lanjut Syarief menilai jika kesuksesan Pilkada serentak tidak lepas dari peranan masyarakat Indonesia yang memegang teguh pemahaman dan implementasi Empat Pilar, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Bisa dibayangkan bagaimana kondisinya jika Empat Pilar tidak hadir dalam Pilkada yang sarat kompetisi antar pendukung calon tersebut," terangnya.

Menurut Syarief, kelancaran proses demokrasi di Indonesia memegang peranan penting dalam rangka menegakkan persatuan serta kesatuan bangsa. Oleh karenanya, ia menjamin MPR dengan Empat Pilarnya akan selalu siap menjaga demokrasi sampai kapan pun.

"Saya yakin, Insyaallah jika demokrasi berjalan baik, maka rakyatlah yang akan merasakan dampaknya dalam jangka pendek dan panjang. Salah satunya, rakyat akan menikmati pembangunan yang berkeadilan, kesejahteraan merata, rasa aman tercipta serta segala hal yang kita cita-citakan akan terwujud," ujarnya.

Tidak lupa Syarief mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa mempelajari Empat Pilar dari berbagai sumber, termasuk dengan mengikuti Sosialisasi Empat Pilar yang kerap digaungkan MPR.

Untuk diketahui, turut hadir dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR tersebut, Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai, Dandim Cianjur Letkol. Kav. Ricky Arinuryadi, Danyon Raider 300 Letkol. Inf. Jani Setiadi, Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Ganjar Ramadhan, Ketua Bhayangkari Nida Rifai, Forkopimda Kabupaten Cianjur, para Pejabat Utama (PJU) Polres Cianjur dan 50 perwira sebagai peserta. (ncm/ega)