detikcom Do Your Magic

Amankan Flyover Ciputat dari Penyampah, DLH Tangsel-Warga Akan Berjaga

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 17:25 WIB
Spanduk dilarang membuang sampah dipasang di flyover Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (21/1).
Foto: Spanduk larangan membuang sampah di flyover Ciputat (Dok. Istimewa).
Kota Tangerang Selatan -

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan menggelar piket malam dengan warga di sekitar flyover Ciputat. Piket diadakan untuk mengamankan lingkungan supaya tidak dikotori orang yang membuang sampah sembarangan.

"Nanti malam akan ada piket dengan warga," kata Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Tangsel Rastra Yudhatama (Yudha) saat dihubungi, Kamis (21/1/2021).

Yudha menjelaskan pihaknya akan mencoba bergotong-royong dengan warga sekitar dahulu untuk penjagaan. Rencana sebelumnya pihak DLH akan menggandeng Satpol PP untuk melakukan piket malam.

"Sementara kita coba dengan warga dulu. Alhamdulillah sih kemarin sudah mulai berkurang sampah yang di gang itu, gitu," ungkap Yudha.

Namun, ke depannya DLH akan tetap melibatkan pihak Satpol PP untuk melakukan piket penjagaan. Sementara ini pihak DLH akan berusaha terlebih dahulu bersama warga sekitar.

"Ntar baru kita sama warga dulu, warga dengan DLH dulu belum melibatkan Satpol PP. Kedepannya kita pasti melibatkan (Satpol PP) karena mesti kita usaha dulu dari Dinas kita dengan warga, pasti kita akan melibatkan ke depannya," pungkas Yudha.

Sebelumnya, Spanduk larangan membuang sampah di sekitar flyover Ciputat, Tangerang Selatan, telah dipasang. Spanduk tersebut berisi peringatan denda sampai Rp 50 juta.

Spanduk tersebut dipasang pada Kamis (21/1/2020) pagi. Spanduk dipasang di beberapa titik rawan jadi lokasi pembuangan sampah, khususnya di bawah flyover Jl Dewi Sartika.

"Spanduk ditempel hari ini," kata Ketua RW 01, Cipayung, Romli, saat dihubungi, tadi.

(aik/aik)