Komjen Sigit Langsung Rapat Kesiapan Program Usai Disetujui DPR Jadi Kapolri

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 16:05 WIB
DPR RI setuju Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna DPR.
Listyo Sigit Prabowo (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

DPR RI telah menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri. Komjen Sigit langsung menyiapkan rencana aksi program dari makalah yang dipaparkanya di depan Komisi III DPR RI.

"Yang jelas terima kasih kepada seluruh rekan-rekan media yang sudah hadir dari kemarin mengikuti seluruh tahapan. Mulai dari tahapan bagaimana pendalaman terhadap PPATK, kemudian Kompolnas dan hari berikutnya kita menyerahkan makalah, dan hari Rabu kemarin kami melaksanakan kegiatan tanya jawab dan diakhiri dengan pendapat fraksi," kata Komjen Listyo Sigit Prabowo, di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Komjen Listyo Sigit Prabowo disetujui menjadi Kapolri oleh DPR berdasarkan rapar paripurna hari ini. Seluruh fraksi sepakat, tak ada yang menolak.

"Alhamdullilah, hari ini pendapst fraksi menyampaikan kira disetujui. Baru saja disahkan oleh Ketua DPR dalam rapat paripurna," ujar Komjen Sigit.

Ditemui usai rapat paripurna, Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan mengadakan rapat kesiapan. Rapat itu akan membahas rencana aksi program dari makalah 'Presisi' buatan Komjen Listyo Sigit Prabowo.

"Tentunya setelah ini kami akan segera melakukan rapat kesiapan dalam rangka melaksanakan rencana aksi bagaimana makalah yang bisa kami presentasikan, sehingga semoga bisa menjadi program yang akan kita laksanakan sebagai Kapolri nanti," imbuhnya.

DPR RI sebelumnya menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna DPR.

Persetujuan Komjen Sigit menjadi Kapolri diawali dengan pembacaan hasil fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi III DPR. Berdasarkan hasil fit and proper test, Komisi III menyetujui Komjen Sigit menjadi Kapolri.

"Komisi III menyadari dan menyadari bahwa kecakapan, integritas dan kompetensi calon Kapolri merupakan persyaratan mutlak untuk menjadi Kapolri. Atas dasar itu Komisi III DPR RI menyetujui untuk mengangkat calon Kapolri yang diusulkan Presiden RI," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni dalam rapat.

Tonton video 'Komnas HAM: Komjen Sigit Orang yang Positif, Semoga Polri Lebih Baik':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/maa)