DPR Lantik PAW Ahmad Riza Patria yang Jadi Wagub DKI

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 15:04 WIB
Irwan Dilantik Sebagai Anggota Baru PAW
Foto: Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom
Jakarta -

DPR RI melantik 1 anggota baru sebagai pengganti antarwaktu (PAW) anggota DPR dan MPR. Irwan Ardi Hasman dilantik menggantikan Ahmad Riza Patria, yang saat ini menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Pelantikan Irwan dilaksanakan saat rapat paripurna di gedung DPR, Jakarta, Kamis (21/1/2021), sekitar pukul 14.45 WIB. Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Irwan dari Fraksi Gerindra resmi menggantikan Riza Patria berdasarkan Keputusan Presiden nomor 54/P/2020 tentang peresmian pengangkatan antarwaktu anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan anggota majelis permusyawaratan rakyat sisa masa jabatan 2019-2024.

"Sebelum memangku jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Saudara wajib bersumpah menurut agama Islam, apakah Saudara bersedia disumpah menurut agama Islam?" tanya Puan Maharani.

"Bersedia," jawab Irwan.

"Patut saya ingatkan bahwa sumpah yang akan Saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD RI 1945, sumpah ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya harap Saudara ikuti lafal sumpah yang akan saya pandu," ucap Puan.

Setelah itu, Irwan mengucapkan sumpah janji. Pembacaan sumpah ini dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya, sebagai anggota dewan perwakilan rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD Tahun 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan, aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap Puan diikuti Irwan yang dilantik hari ini.

Setelah membacakan sumpah, para pimpinan DPR pun memberikan selamat kepada anggota DPR baru Irwan. Setelah itu, rapat paripurna dilanjutkan kembali.

(maa/gbr)