Pantai Losari Makassar Dipenuhi Sampah, Petugas Temukan Kasur-Plastik

Ibnu Munsir - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 14:36 WIB
Pantai Losari Makassar dipenuhi sampah.
Foto: Kawasan Pantai Losari Makassar yang dipenuhi sampah (Ibnu Munsir/detikcom).
Makassar -

Kawasan Pantai Losari, Makassar kondisinya kian memprihatinkan meski sempat ditutup karena pandemi virus Corona (COVID-19). Laut di Pantai Losari dipenuhi sampah mulai dari kasur hingga plastik ditemukan mengapung.

Pantauan detikcom di kawasan Pantai Losari, Makassar, Kamis (21/1/2021), tampak tumpukan sampah di Pantai Losari mulai dari area Masjid Terapung Amirul Mukminin. Tampak juga petugas tengah berjibaku membersihkan tumpukan sampah yang mengapung di pantai.

"Saya membersihkan sejak jam 11 pagi dan dua kali saya turun dalam sehari, setelah duhur dan ashar," kata petugas kebersihan Kecamatan Ujung Pandang Makassar, Sarifuddin ditemui di Pantai Losari, Kamis (20/1/2021).

Pantai Losari Makassar dipenuhi sampah.Pantai Losari Makassar dipenuhi sampah. Foto: Ibnu Munsir/detikcom

Sarifuddin bersama timnya yang membersihkan sampah mengeluhkan banyaknya sampah besar seperti kasur yang sulit diangkat ke perahu. Selain itu, sampah kecil mulai dari botol plastik hingga batang kayu seperti tak ada habisnya dibersihkan.

Menurut Sarifuddin, kondisi Pantai Losari dipenuhi sampah sudah sering terjadi terlebih jika memasuki musim penghujan. Ia menyebut sampah ini datang dari kanal besar dan dari luar Kecamatan Ujung Pandang yang masuk kawasan.

"Memang kondisinya seperti ini sudah dibersihkan tetap ada ini (sampah) bak full setiap hari. Kalau sebagian (sampah) dari kanal besar itu, sebagian dari luar juga," jelasnya.

Pantai Losari Makassar dipenuhi sampah.Pantai Losari Makassar dipenuhi sampah. Foto: Ibnu Munsir/detikcom

Sementara itu, Camat Ujung Pandang Makassar, Andi Badi Sommeng mengatakan, sampah datang akibat curah hujan cukup tinggi dan ombak laut. Ia tak mau berspekulasi sampah datang dari mana.

"Karena hujan deras dan ombak juga jadi sampah ada. Kalau asalnya (sampah) saya tidak tau," terangnya.

Dinas Perikanan dan Pertanian Makassar yang ikut mengawasi PantaiLosari juga ikut berkomentar terkait sampah di wilayah tersebut. Simak selengkapnya di halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2