Anggota DPR Minta Pemerintah Larang Kristen Gray Masuk RI Sepanjang Masa!

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 13:10 WIB
Petugas Imigrasi mengawal warga negara Amerika Serikat Saundra Michelle Alexander (kanan) yang merupakan rekan dari Kristen Antoinette Gray saat akan menuju ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Bali, Rabu (20/1/2021). Kristen Gray yang cuitannya viral di akun Twitter @kristentootie berupa ajakan bagi orang asing untuk pindah ke Bali pada masa pandemi COVID-19 dan diduga telah menyebarkan informasi lain yang dianggap dapat meresahkan masyarakat dideportasi bersama Saundra Michelle ke Amerika Serikat karena diduga melanggar pasal 75 ayat 1 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.
Kristen Gray (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKB Abdul Kadir Karding mengatakan hukuman larangan masuk Indonesia selama 6 bulan untuk Kristen Antoinette Gray terlalu ringan. Karding menilai seharusnya Kristen Gray dilarang masuk ke Indonesia selama-lamanya.

"Iya, jadi kalau menurut saya, itu apa yang dilakukan oleh Kristen Gray ini sesuatu yang sangat tidak dapat ditolerir sebenarnya sebagai suatu bangsa," kata Karding saat dihubungi, Kamis (21/1/2021).

Karding menyebut hukuman untuk Kristen Gray yang diberikan pihak Imigrasi terlalu ringan. Dia beranggapan Kristen Gray tidak hanya menyebarkan informasi palsu, tapi juga merusak citra Indonesia di mata dunia.

"Karena yang pertama menyebarkan informasi palsu. Yang kedua, secara global akhirnya membangun citra negatif terhadap Indonesia, lebih khusus terhadap para wisata dan imigrasi kita dan ekonomi kita," ucapnya.

Atas dasar itulah, Karding menilai seharusnya Kristen Gray dihukum tidak boleh lagi kembali ke Indonesia. Sebab, menurut dia, dampak yang ditimbulkan oleh Kristen Gray lebih besar ke Indonesia.

"Jadi kalau menurut saya sih hukuman berupa pelarangan untuk ke Indonesia selama 6 bulan itu adalah hukuman yang terlalu ringan. Kalau saya mestinya orang-orang seperti ini tak diizinkan masuk ke Indonesia lagi, karena dampak dari pernyataan dan perbuatannya itu jauh lebih besar daripada dampaknya bagi kita," ujarnya.

"Kalau saya pribadi orang-orang seperti in harus di-ban sepanjang masa supaya yang lain tidak melakukan hal seperti itu," lanjut dia.

Simak video 'Ajak WNA ke Bali saat Pandemi, Kristen Gray Tak Merasa Bersalah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2