Dideportasi, Kristen Gray Telah Diterbangkan dari Soetta ke AS

Angga Riza - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 12:42 WIB
Petugas Imigrasi mengawal warga negara Amerika Serikat Saundra Michelle Alexander (kanan) yang merupakan rekan dari Kristen Antoinette Gray saat akan menuju ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Bali, Rabu (20/1/2021). Kristen Gray yang cuitannya viral di akun Twitter @kristentootie berupa ajakan bagi orang asing untuk pindah ke Bali pada masa pandemi COVID-19 dan diduga telah menyebarkan informasi lain yang dianggap dapat meresahkan masyarakat dideportasi bersama Saundra Michelle ke Amerika Serikat karena diduga melanggar pasal 75 ayat 1 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.
Foto: Kristen Gray. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Denpasar -

Kemenkum HAM Kanwil Bali mendeportasi warga negara Amerika Serikat (AS) Kristen Antoinette Gray dan rekannya hari ini. Gray diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta menuju AS pagi tadi.

"Pejabat Imigrasi berwenang melakukan tindakan administratif keimigrasian terhadap orang asing yang berada di wilayah Indonesia yang melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati atau tidak menaati peraturan perundang-undangan. Kepada yang bersangkutan dikenakan tindakan administratif keimigrasian berupa pendeportasian," kata Kakanwil Kemenkum HAM Bali Jamaruli Manihuruk melalui keterangan tertulis, Kamis (21/1/2021).

Kristen Gray terbang dari bandara Soekarno Hatta, Jakarta pukul 06.35 WIB dengan menggunakan maskapai American Airlines dengan tujuan Jakarta-Tokyo-Los Angeles.

"Yang bersangkutan berangkat pada tanggal 21 Januari 2021 dengan penerbangan America Airlines operated by Japan Airlines AA8497 dan AA8408, dengan waktu keberangkatan Pukul 06.35 WIB, dengan tujuan Jakarta-Tokyo Los Angeles," ujar Jamaruli.

Sebelumnya, Kristian Gray diberangkatkan dari Bali menuju bandara Soekarno Hatta Jakarta malam tadi, Rabu (20/1). Gray diberangkatkan ke Jakarta melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

"Iya artinya malam ini menuju Jakarta. Deportasi dari Jakarta besok," kata Humas Kemenkum HAM Bali I Putu Surya Dharma saat dihubungi detikcom, Rabu (20/1).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2