Jokowi Minta Pemeriksaan Pesawat Ditingkatkan, PD: Harus Berani Beri Sanksi

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 07:57 WIB
Wasekjen Partai Demokrat, Irwan.
Foto: Wasekjen Partai Demokrat, Irwan. (Dok: dpr.go.id)
Jakarta -

Partai Demokrat (PD) sependapat dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta semua pihak untuk meningkatkan pemeriksaan pesawat usai insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182. PD meminta pemerintah memberi sanksi tegas sampai pencabutan izin bagi pihak maskapai yang langgar peraturan penerbangan.

"Sepakat dengan Pak Jokowi, sejatinya memang perlu ditingkatkan pengawasan baik dari sisi operasional maupun proses perawatan. Tentu arahan ini sangat ditunggu ya oleh rakyat di tanah air khususnya masyarakat pengguna transportasi udara untuk terwujudnya keamanan dan keselamatan penerbangan nasional yang lebih baik di masa yang akan datang," kata Wasekjen Partai Demokrat, Irwan, kepada wartawan, Rabu (20/1/2021).

Anggota Komisi V DPR RI ini meminta Jokowi untuk menerapkan sanksi administrasi hingga sanksi pidana terkait keselamatan penerbangan ini. Bahkan jika perlu, kata dia, sanksi tegas pencabutan izin juga diterapkan bagi yang melanggar peraturan keamanan penerbangan.

"Pak Jokowi harusnya memerintahkan kementerian terkait untuk berani melaksanakan peraturan keamanan penerbangan berikut sanksi administrasi dan sanksi pidana. Bahkan jika perlu presiden mengeluarkan sanksi pencabutan izin bagi maskapai yang beberapa kali terbukti melanggar peraturan keamanan penerbangan. Itu lebih konkret," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2