Round-Up

Menanti Hasil Gelar Perkara Kasus Raffi Ahmad Party Usai Divaksinasi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 07:17 WIB
Gedung Densus 88 Polda Metro Jaya
Markas Polda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Penyidik Polda Metro Jaya telah melakukan gelar perkara terkait kasus Raffi Ahmad menghadiri pesta usai divaksin Covid-19. Hasil gelar perkara tersebut akan diumumkan polisi hari ini.

Dalam gelar perkara tersebut, polisi akan menentukan apakah pesta ulang tahun pengusaha di Prapanca, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang dihadiri Raffi Ahmad dan beberapa selebritis itu memenuhi unsur pidana atau tidak.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan bahwa proses gelar perkara itu dilakukan oleh penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Selatan pada Rabu (20/1) kemarin. Hanya saja, Yusri tidak mengungkap lebih jauh soal hasil gelar perkara tersebut.

"Hasilnya akan disampaikan rinci besok (hari ini-red)," ucap Kombes Yusri Yunus saat dihubungi detikcom, Rabu (21/1/2021).

Yusri menambahkan, pihak kepolisian sebelumnya telah mengklarifikasi beberapa saksi terkait pesta yang dihadiri Raffi Ahmad itu. Keterangan saksi itu yang dianalisis dan digelar oleh penyidik untuk menentukan apakah ada unsur pidana di dalamnya.

"Ada beberapa lah saksi di situ. Itu makanya ini digelarkan apa ada penemuan pasal 93 (UU Karantina Kesehatan) tersebut," imbuh Yusri.

Selain meminta keterangan saksi, polisi juga sudah mendatangi kediaman pengusaha yang menggelar pesta tersebut. Dari hasil pengecekan, diketahui acara tersebut digelar secara privat di rumah pribadi sang pengusaha yang memiliki kapasitas yang luas.

Pesta itu hanya dihadiri oleh 18 tamu yang datang tanpa diundang, melainkan atas inisiasi sendiri.

"Delapan belas orang di dalam situ yang memang tidak diundang, tapi datang sendiri karena memang sedang ulang tahun juga pemiliknya saudara RG itu. Mereka nggak diundang, tapi tetap protokol kesehatan, ada swab antigen. Itu di rumahnya memang rumahnya ada seperti lapangan basket yang besar sekali, tapi cuman ada 18 orang itu saja," papar Yusri.


Di halaman selanjutnya, polisi menyebut kumpulan di pesta yang dihadiri Raffi Ahmad berbeda dengan kerumunan di acara Habib Rizieq Shihab

Selanjutnya
Halaman
1 2 3