Soal Perumahan di Makassar Kebanjiran, Nurdin Pastikan Pemprov Kerja

Ibnu Munsir - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 00:02 WIB
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (Ibnu Munsir/detikcom)
Foto: Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, menanggapi banjir yang menimpa Kota Makassar. Nurdin meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi cuaca ekstrem.

"Saya berharap masyarakat berhati-hati menghadapi cuaca ekstrem, namanya curah hujan tinggi pasti dampaknya pada genangan air atau banjir," kata Nurdin usai mengunjungi pengungsian korban gempa Sulbar, Makassar, Rabu (20/1/2021).

Nurdin menjelaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel sudah melakukan upaya-upaya maksimal dalam penanganan banjir di Makassar. Dia meminta masyarakat tak khawatir sembari meningkatkan kewaspadaan.

"Itu sudah rutin, harus ada upaya, kemarin saya berkeliling selama hujan langsung dikerja, tidak usah khawatir Pemerintah hadir," jelasnya.

Nurdin juga menyebut sudah melakukan apel siaga pada Desember lalu untuk penanganan bencana di Sulsel. Namun dia masih terus memantau sejumlah daerah di Sulsel akibat cuaca ekstrem.

"Karena itu kali bulan Desember lalu sudah melakukan apel siaga bersama Forkopimda, sekarang memantau kondisi air," terangnya.

Sebelumnya, BMKG mengingatkan masyarakat mewaspadai beberapa multirisiko dari aspek cuaca, iklim, gempa, atau tsunami pada Januari-Maret 2021. Saat ini Indonesia memasuki puncak musim hujan sehingga patut diwaspadai peningkatan potensi bencana hidrometeorologi dan potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah.

Dikutip dari website BMKG.go.id, Selasa (19/1), Deputi Bidang Meteorologi Guswanto mengatakan saat ini ada beberapa fenomena cuaca yang harus diwaspadai, yaitu Madden-Julian Oscillation (MJO) serta fenomena lokal, regional, dan global.

Mana saja daerah yang diminta waspada? Simak halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2