Trans7 Raih Penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2020

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 22:46 WIB
Gedung Transmedia
gedung Transmedia (Foto: dok. transmedia)
Jakarta -

Trans7 menerima penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2020. Karya dari jurnalis Trans7 yang mendapat penghargaan itu berjudul 'Bencana Alam di Tengah Pandemi'.

Jurnalis Trans7 yang menerima penghargaan itu Rivo Pahlevi Akbarsyah dan Eko Hamzah. Pengumuman pemenang itu disampaikan oleh Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S Depari dalam acara Indonesia Bicara di TVRI, Rabu (20/1/2021).

Sementara, proses penjurian berlangsung selama bulan Desember 2020 secara virtual. Terdapat enam kategori yang dilombakan, yaitu liputan berkedalaman untuk media cetak, liputan berkedalaman untuk media siber, liputan berkedalaman untuk media televisi, liputan berkedalaman untuk media radio, foto berita untuk media cetak dan media siber, serta karikatur opini untuk media cetak dan media siber.

Khusus untuk karya jurnalis Trans7 yang 'Bencana Alam di Tengah Pandemi' mendapat apresiasi tinggi dari dewan juri. Dewan juri yang terdiri wartawan senior di bidang televisi yakni Nurjaman Mochtar, Imam Wahyudi, dan Immas Sunarya menyebut karya tersebut bernilai jurnalistik yang tinggi.

Rivo disebut seakan menyatu dengan venue dan suasana batin para korban bencana alam. Ketiga juri juga memuji atmosfer venue tayangan itu terasa sangat kuat. Meski di lokasi gelap namun presentasi mampu disajikan prima. Begitu pula angle-angle gambarnya detail.

"Tidak ada rangkaian visual yang 'jumping'. Pemilihan dan penempatan 'sound bite' juga tepat dan saling mendukung antara script dan report," komentar tim juri Kategori Media Televisi berdasar keterangan yang diterima.

Para pemenang akan menerima hadiah Rp 20 juta, trofi, serta piagam penghargaan dari PWI/Panitia HPN 2021. Penyerahana akan dilakukan di depan Presiden Joko Widodo pada acara puncak HPN 9 Februari 2021.

Berikut daftar pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2020:

- Kategori Media Cetak
Devy Ernis bersama timnya Aisha Saidra dan Dini Pramita dari Majalah Tempo bertajuk 'Jalan Pedang Dai Kampung'.

- Kategori Media Siber
Jonathan Pandapotan Purba dan Windi Wicaksono dari Liputan6.com berjudul 'Vaksinasi, Momentum Indonesia Bangkit dari Pandemi COVID19'.

- Kategori Televisi
Rivo Pahlevi Akbarsyah dan Eko Hamzah dari Trans 7, bertajuk 'Bencana Alam di Tengah Pandemi'.

- Kategori Radio
Muhammad Aulia Rahman dari RRI Banjarmasin berjudul 'Nasalis Larvatus di Antara Konflik dan Kepunahan'.

- Kategori Foto Berita
Totok Wijayanto dari Kompas bertajuk 'Pemakaman Jenazah Korban Covid'.

- Kategori Karikatur Opini
Muhammad Syaifuddin Ifoed dari Harian Indopos dengan tajuk 'Dari Dulu Juga Sudah WFH'.

(ibh/jbr)