Peningkatan Peran Pam Swakarsa Masuk dalam Program Komjen Sigit

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 20:30 WIB
Komjen Listyo Sigit Prabowo mengikuti fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani fit and proper test di Komisi III DPR. (Foto: Dok. DPR)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Idham Azis pada September 2020 mengeluarkan aturan mengenai Pam Swakarsa. Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo juga memasukkan 'peningkatan peran Pam Swakarsa' dalam salah satu program prioritasnya.

"Sementara sinergitas dan kolaborasi antarlembaga untuk memantapkan sinergitas dan kerja sama guna mendukung tugas Polri," kata Komjen Listyo Sigit Prabowo saat fit and proper test di Komisi III, kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Komjen Listyo Sigit menyebut Pam Swakarsa perlu diaktifkan, maka dihidupkan kembali. Pam Swakarsa, kata Komjen Listyo Sigit Prabowo, dihidupkan kembali tersambung dengan teknologi informasi.

"Ke depan, tentunya Pam Swakarsa perlu diperanaktifkan dalam mewujudkan harkamtibmas, jadi kita hidupkan kembali dan tentunya kita integrasikan dengan perkembangan teknologi dan informasi fasilitas-fasilitas yang ada di Polri," ujar Komjen Sigit.

"Sehingga kemudian bagaimana Pam Swakarsa ini bisa tersambung atau terkonek dengan petugas-petugas kepolisian," imbuhnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan aturan soal Pam Swakarsa. Aturan baru ini mengatur soal tujuan Pam Swakarsa hingga warna seragam satpam.

Peraturan Kapolri (Perkap) terbaru soal Pam Swakarsa adalah Perkap Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Perkap ini ditanda tangani oleh Jenderal Idham Azis pada 5 Agustus 2020.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2