Viral Tanda 'SOS' di Pulau Laki Kepulauan Seribu, Camat: Sedang Ditelusuri

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 14:55 WIB
Jakarta -

Pengguna media sosial tengah dihebohkan dengan munculnya sinyal 'SOS' di Pulau Laki, Kepulauan Seribu, melalui aplikasi Google Map. Camat Kepulauan Seribu Selatan, Angga Saputra, mengatakan pihaknya sedang menelusuri keberadaan kabar tersebut.

"Hari ini lagi ditelusuri ke sana. Kita telusuri dulu, saya (dapat) capture-an doang kan," ujar Angga saat dihubungi, Rabu (20/1/2021).

Angga menduga sinyal tersebut bisa saja berasal dari nelayan yang bersandar di Pulau Laki. Menurutnya, apabila musim angin barat seperti sekarang, ada nelayan yang bersandar di Pulau Laki.

Angga menjelaskan Pulau Laki merupakan tempat tak berpenghuni. Luas Pulau Laki sekitar 5 hektare.

"Kalau angin barat ini biasanya banyak (nelayan) yang sandar ke sana, neduh gitu. Bisa juga nelayan sandar di situ, bisa kemungkinan," katanya.

Angga menegaskan hal itu baru sebatas dugaan. Pihaknya saat ini masih menyelidiki kepastian mengenai sinyal tersebut.

"Kita telusuri," katanya.

Sebelumnya, Basarnas juga tengah melakukan penelusuran mengenai kabar tersebut. Namun, Basarnas juga mengaku belum menerima informasi kebenaran data tersebut.

"Sampai saat ini saya belum terima info tersebut datanya. Nanti kita akan cek sesuai dengan informasi yang diberikan," kata Direktur Operasi Basarnas Brigjen Rasman MS saat ditemui di gedung Container Terminal, Jakut, Rabu (20/1).

(man/idn)