Pelihara 15 Burung Satwa Dilindungi, Pria di Kalbar Diamankan

Adi Saputro - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 13:49 WIB
Pria di Kalbar diamankan karena pelihara 15 burung kasturi satwa dilindungi (Dok istimewa)
Pria di Kalbar diamankan karena pelihara 15 burung kasturi satwa dilindungi. (Dok Istimewa)
Mempawah -

Seorang pria di Mempawah, Kalimantan Barat, ditangkap polisi karena menyimpan dan memelihara satwa yang dilindungi di rumahnya. Ia diketahui menyimpan 15 burung kasturi.

"Hari Senin, 18 Januari 2020, petugas melakukan pengungkapan kasus yang berkaitan dengan konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya. Yaitu mengamankan seorang pria berinisial LKT alias A, yang diketahui memiliki dan memelihara satwa berkategori dilindungi tanpa izin," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalimantan Barat Kombes Juda Nusa Putra kepada wartawan, Rabu (20/1/2021).

Pengungkapan ini bermula dari informasi masyarakat terkait adanya pemeliharaan satwa dilindungi. Polisi pun menindaklanjuti informasi itu dengan mendatangi rumah pelaku.

Pria di Kalbar diamankan karena pelihara 15 burung kasturi satwa dilindungi (Dok istimewa)Pria di Kalbar diamankan karena pelihara 15 burung kasturi satwa dilindungi. (Dok Istimewa)

Dari pemeriksaan, pelaku mengaku memperoleh 2 burung kasturi kepala hitam sekitar 5 tahun lalu. Burung tersebut dikembangbiakkan hingga sekarang menjadi 15 ekor.

"Saat ini pelaku masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Kalbar, sedangkan untuk barang bukti dititipkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alamat Provinsi Kalbar," tambahnya.

Pelaku terancam dijerat Pasal 40 ayat (2) jo Pasal 21 ayat (2) huruf a Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, dengan ancaman paling lama 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 100 juta.

(isa/isa)