Uji Calon Kapolri

Komjen Sigit: Tak Ada Lagi Polisi Pusing Pikir Apa yang Dikasih ke Pimpinan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 13:32 WIB
Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021).
Komjen Listyo Sigit Prabowo (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, menjamin pengaturan jabatan di era kepemimpinannya nanti diatur proporsional. Dia tidak mau anggota Polri disibukkan oleh pemikiran harus memberikan sesuatu kepada pimpinan.

Saat fit and proper test calon Kapolri, ada anggota Komisi III DPR yang menyebut slogan 'Promoter' kerap dipelesetkan jadi 'promosi orang-orang tertentu'. Di sesi jawaban, Komjen Listyo Sigit Prabowo memaparkan langkah yang akan dia lakukan terkait penempatan jabatan.

"Untuk soliditas internal yang biasa terjadi manakala masalah posisi, jabatan akan kita atur secara proporsional. Senior tetap memiliki ruang, junior yang berprestasi juga kita berikan kesempatan," kata Komjen Listyo Sigit Prabowo di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Dia menjamin penempatan jabatan akan mengacu pada kompetensi. Ada parameter yang ditetapkan untuk setiap posisi.

"Dengan demikian, kita harapkan kita tidak sibuk lagi dengan memikirkan hal-hal seperti itu karena sudah ada parameternya, ada penilaiannya, ada standarnya, ada asesmennya," ucap lulusan Akademi Kepolisian 1991 ini.

Komjen Listyo Sigit Prabowo berjanji penilaian untuk penempatan jabatan dilakukan secara proporsional. Prestasi-prestasi setiap anggota pasti dipantau.

"Tentunya terhadap prestasi-prestasi di wilayah yang mereka dinas di bidang pembinaan, di operasional, semua ada parameternya, sudah ada poinnya sehingga proporsional antara anggota yg akan mendapatkan kesempatan untuk sekolah di operasional dan di bidang pembinaan akan kita atur," paparnya.

Komjen Listyo Sigit Prabowo ingin anggota Polri fokus bagaimana bisa bekerja dengan baik. Dia tak mau di masanya nanti, anggota disibukkan pemikiran cara memberi ke pimpinan.

"Itu semua juga untuk mengakomodir bahwa anggota cukup berpikir bagaimana dia bekerja yang baik. Jangan berpikir sekali-sekali, apalagi saya sering sampaikan, tak ada lagi anggota pusing-pusing apa yang bisa dikasih ke pimpinan," ucap Komjen Sigit.

"Saya minta di masa saya, jangan berpikir seperti itu bagaimana yang penting kalian bekerja. Di situ rekan-rekan bisa kemudian berlomba mencari prestasi yang terbaik," pungkasnya.

Tonton video 'Jadi Calon Kapolri, Komjen Listyo Safari ke Partai-Masyarakat':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/fjp)