KPK Cecar Tin Zuraida soal Sewa Rumah untuk Nurhadi Saat Buron

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 10:24 WIB
Istri eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, Tin Zuraida.
Tin Zuraida (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta -

Penyidik KPK memeriksa Tin Zuraida, istri mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi. KPK mendalami terkait penyewaan rumah yang ditempati Nurhadi saat menjadi buron KPK.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan rumah sewaan itu berlokasi di kawasan Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Menurut Ali, Nurhadi bersembunyi bersama menantunya, Rezky Herbiyono.

"Tin Zuraida didalami pengetahuannya mengenai proses penyewaan rumah yang berlokasi di kawasan Simprug, Jaksel, yang diduga turut ditempati oleh saksi di saat Nurhadi dan Rezky Herbiyono masuk dalam status DPO KPK," kata Ali kepada wartawan, Rabu (20/1/2021).

Selain Tin, KPK turut memanggil seorang saksi bernama Francesco Xavier Kolly Mally. Dia adalah ketua RW di mana rumah tempat Nurhadi bersembunyi. Namun dia tak hadir.

"Yang bersangkutan memberikan konfirmasi dan akan diagendakan pemeriksaan pada hari Senin (25/01)," ujar Ali.

Untuk diketahui, Nurhadi sendiri sudah didakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta karena menerima suap dan gratifikasi Rp 83 miliar bersama-sama dengan Rezky Herbiyono terkait pengurusan perkara di pengadilan tingkat pertama, banding, kasasi, ataupun peninjauan kembali. Nurhadi dan Rezky didakwa menerima suap dan gratifikasi dalam kurun 2012-2016.

Uang suap ini diterima Nurhadi dan Rezky dari Hiendra Soenjoto selaku Direktur Utama PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) agar keduanya membantu Hiendra dalam mengurus perkara. Jaksa menyebut tindakan Nurhadi itu bertentangan dengan kewajibannya sebagai Sekretaris MA.

Selain itu, Hiendra Soenjoto merupakan tersangka dalam kasus ini. Hiendra ditetapkan tersangka sebagai penyuap Nurhadi dan Rezky Herbiyono terkait penanganan perkara di sejumlah pengadilan negeri.

(fas/dhn)