Sebelum Dideportasi, Kristen Gray Ditahan di Ruang Detensi Imigrasi Denpasar

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 21:54 WIB
WN Amerika Serikat, Kristen Gray, dideportasi dari Indonesia (Angga Riza/detikcom)
WN Amerika Serikat, Kristen Gray (kedua dari kanan), dideportasi dari Indonesia. (Angga Riza/detikcom)
Jakarta -

Pihak Kemenkum HAM Kanwil Bali sedang memproses pendeportasian warga negara (WN) asal Amerika Serikat (AS), Kristen Antoinette Gray. Sambil menunggu jadwal penerbangan, Kristen Gray akan ditahan di ruang Detensi Kantor Imigrasi (Kanim) Denpasar.

"Berkaitan proses pendeportasian, untuk sementara warga negara Amerika atas nama Kristen Antoinette Gray ditempatkan di Ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar," kata Kepala Kanwil Kemenkum HAM Bali, Jamaruli Manihuruk, dalam keterangan tertulis, Selasa (19/1/2021).

Jamaruli mengatakan bahwa pihaknya meminta seluruh warga negara asing (WNA) mematuhi protokol kesehatan. Kemenkum HAM Kanwil Bali juga meminta para WNA mengikuti prosedur pengurusan visa.

"Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali menghimbau kepada Warga Negara Asing agar dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini untuk mematuhi protokol kesehatan serta mengikuti prosedur yang benar tentang pengurusan Visa dan selama berada di Indonesia," tutur Jamaruli.

Sebelumnya, Jamaruli menjelaskan Kristen Gray akan dideportasi langsung ke negara asalnya. Sesuai ketentuan, sebut dia, Kristen Gray harus dideportasi menggunakan pesawat yang langsung terbang ke negara asalnya.

"Perlu diketahui pendeportasian ini biasanya akan dilakukan langsung ke negaranya. Artinya, tiketnya itu tidak mampir-mampir ke mana-mana. Tiketnya itu harus langsung kita pastikan ke negaranya. Jadi dilakukan pada ketika ada penerbangan langsung menuju ke sana itu untuk pendeportasian," terang Jamaruli Manihuruk dalam konferensi pers di kantornya.

Kristen Gray sendiri diganjar sanksi deportasi karena dianggap meresahkan masyarakat. Dia dinilai meresahkan karena mengajak WNA untuk masuk ke Bali. Ajakan itu disampaikan lewat akun Twitter @kristentootie.

(zak/knv)