Ajak WNA ke Bali di Tengah Pandemi, Kristen Gray Masuk RI Januari 2020

Angga Riza - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 09:23 WIB
Kadiv Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto (Foto: Angga Riza/detikcom)
Foto: Kadiv Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto (Foto: Angga Riza/detikcom)
Denpasar -

Pihak Imigrasi memanggil WN Amerika Serikat (AS) Kristen Gray hari ini soal cuitannya mengajak WNA pindah ke Bali di tengah pandemi. Posisi Kristes saat ini di Karangasem, Bali.

"Betul (WN Amerika) yang jelas dia pemegang izin tinggal kunjungan warga Amerika kemudian saat ini posisinya berada di Karangasem. Iya (dipanggil) kita akan mintai keterangan yang bersangkutan," kata Kadiv Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto saat dihubungi detikcom, Selasa (19/1/2021).

Eko menjelaskan Kristen Gray masuk Indonesia setahun lalu. Kristen Gray yang memegang izin tinggal kunjungan lalu memperpanjang izin.

"Dia masuk Indonesia lewat Ngurah Rai tanggal 21 Januari 2020 dia masuk Indonesia. Dia yang termasuk melakukan perpanjangan itu," tambahnya.

Pihak Imigrasi sudah mengetahui keberadaan Kristen Gray di Bali. Imigrasi hari ini akan memanggil Kristen Gray untuk dimintai keterangan terkait cuitannya mengajak WNA pindah ke Bali di masa pandemi yang heboh di media sosial.

"Iya tapi belum ada konfirmasi rencananya kita panggil tapi belum ada konfirmasi nanti kalau sudah kita sampaikan. Sudah diketahui alamatnya dan kita juga sudah dapat dia izin tinggalnya ada di Imigrasi Denpasar terus kemudian alamatnya pada saat itu posisi dia di Karangasem," kata Kadiv Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto saat dihubungi detikcom, Selasa (19/1/2021).

Eko menyebutkan dokumen izin tinggal Kristen Gray merupakan izin tinggal kunjungan yang masih berlaku sampai 2021. Imigrasi juga akan menanyai Kristen Gray terkait tweetnya yang menyebut ada jalur khusus untuk masuk Indonesia.

"Masih berlaku sampai 2021 (izin tinggal) izin tinggal kunjungan aja sebenarnya. Nah ini kita dalami terkait dengan pelanggaran bersangkutan namun yang harus dipastikan bahwa informasi ynag jalur-jalur khusus yang disebut dia itu tidak ada di Imigrasi maupun di perlintasan," ujar Eko.

Tonton juga 'Mau Melakukan Perjalanan? Simak Aturan PPKM Jawa-Bali':

[Gambas:Video 20detik]

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2