Round-Up

Kontroversi Ribka Tjiptaning Tolak Vaksinasi Berujung Rotasi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 11:06 WIB
Ribka Tjiptaning
Ribka Tjiptaning (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR RI merotasi anggotanya. Ribka Tjiptaning hingga Ihsan Yunus berpindah dari komisi awal mereka.

Rotasi Ribka Tjiptaning hingga Ihsan Yunus tertuang dalam surat Fraksi PDIP DPR RI Nomor 04/F-PDIP/DPR-RI/I/2021. Surat ini ditandatangani Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI Bambang Wuryanto.

"Benar," kata Bambang Wuryanto saat dikonfirmasi, Senin (18/1/2021) malam.

Dalam daftar nama anggota yang dirotasi Fraksi PDIP, terdapat nama Ihsan Yunus dari Wakil Ketua Komisi VIII menjadi anggota Komisi II, Ribka Tjiptaning Ploretariyati dari anggota Komisi IX menjadi Anggota Komisi VII, dan Johan Budi Sapto Pribowo dari anggota Komisi II menjadi anggota Komisi III.

Dua nama lainnya, yakni Gilang Dhielafararez dari anggota Komisi VI menjadi Anggota Komisi III dan Marinus Gea dari anggota Komisi III menjadi anggota Komisi XI.

Anggota Fraksi PDIP DPR RI Hendrawan Supratikno menilai rotasi sebagai hal biasa. Menurutnya, rotasi merupakan hal biasa serta untuk penyegaran gagasan.

"Tak perlu dilebih-lebihkan. Tujuannya untuk keluar dari rutinitas dan mencari suasana baru. Dulu saya dipindah dari Komisi VI ke Komisi XI dalam rangka menambah indeks kesegaran gagasan," kata Hendrawan Supratikno.

Respons Ribka Tjiptaning

Atas rotasi ini, Ribka pun angkat bicara. Ribka bersatire dengan bicara soal profesi dokternya yang kini akan mengurusi masalah perminyakan.

"Biasa aja, di mana aja bisa berjuang untuk rakyat. Cuma lucu aja dokter ngurus minyak," kata Ribka Tjiptaning saat dihubungi detikcom, Selasa (19/1).

Padahal, menurutnya, dia sudah 17 tahun menjadi anggota Dewan yang membawahkan isu kesehatan. "Aku 17 tahun di Komisi VII dan 10 tahun pimpinan Komisi IX," ucapnya.

Ribka juga enggan mengatakan alasan pemindahannya menjadi anggota Komisi VII DPR RI. Menurutnya, hal itu harus ditanyakan kepada pimpinan Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR.

"Tanya pimpinan fraksi yang memindahkan saya," ucapnya.

Sebelum dirotasi, Ribka Tjiptaning sempat menyatakan menolak vaksin COVID-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2