Pemko Jelaskan Pemicu Banjir Rendam Permukiman Lebih dari Sebulan di Medan

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 17:39 WIB
Banjir di Gang Subur Lama, Medan (Datuk Haris-detikcom)
Banjir di Gang Subur Lama, Medan (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Sejumlah rumah warga di Medan, Sumatera Utara, terendam banjir lebih dari sebulan diduga karena drainase rusak. Pemko Medan menjelaskan mengapa drainase tersebut belum bisa diperbaiki.

"Drainase di daerah itu adalah drainase lama berupa gorong-gorong yang ditanam kira-kira 3 meter di bawah tanah yang selama ini melewati lahan warga," kata Kadis PU Kota Medan, Zulfansyah, saat dimintai konfirmasi, Senin (18/1/2021).

Zulfansyah menduga ada jual-beli lahan yang dilintasi drainase. Pemilik baru, katanya, tidak tahu ada drainase yang tertanam di lahannya dan disebut keberatan jika lahannya dikorek untuk perbaikan drainase.

"Yang namanya gorong-gorong tua kemungkinan rusak pasti ada. Tapi, ketika kita akan memperbaiki ini mengalami kendala karena pemilik lahan merasa keberatan kalau lahannya dikorek untuk perbaikannya. Jadi kita tetap cari cara bagaimana persoalan di sana bisa selesai, personel kita sudah 1,5 bulan di sana terus, membantu warga di sana," ujar Zulfansyah.

Zulfansyah menyatakan selama ini petugas dari Dinas PU Medan melakukan penyedotan air di lokasi itu. Namun dia mengatakan penyedotan air kurang efektif karena air dari sungai mengalir balik ke permukiman.

"Air sungainya tetap mengalir balik ke lokasi genangan itu karena lokasi tersebut sudah memang rendah. Air balik dari sungai, melalui jaringan gorong-gorong tua yang sudah rusak itu. Satu alat sedot tidak ada batasan waktunya, kalau air datang ya disedot keluar sampai surut," ujar Zulfansyah.

Selanjutnya
Halaman
1 2