Tanah Longsor di Mamuju Akibat Gempa Sulbar, 3 Orang Masih Tertimbun

Tim detikcom - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 17:04 WIB
Beginilah potret udara Kerusakan Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang diguncang gempa M 6.2.
Gempa Sulbar (Foto: dok. CT Arsa)
Jakarta -

Tanah longsor juga terjadi akibat gempa yang mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), beberapa hari lalu. Wakapolda Sulawesi Barat (Sulbar) Brigjen Umar Faroq mengatakan masih ada 3 warga diduga tertimbun longsor.

"Dampak dari bencana kemarin, ini masih ada 1 kegiatan yang cukup perlu perhatian. Ini ada TKP tempat kejadian longsor di daerah Meikarta," ujar Umar dalam jumpa pers yang disiarkan BNPB, Senin (18/1/2021).

Umar mengungkapkan, 1 rumah juga dilaporkan terkena longsor tersebut. Saat ini petugas dari Brimob Polda Sulbar, Brimob Polda Sulawesi Selatan, hingga Basarnas telah turun ke lokasi longsor.

"Saat ini yang sedang turun itu tim dari Basarnas, kemudian Brimob Sulsel dan Sulbar dan bantuan dari PMI Bone ini untuk mencari menurut informasi ada 1 rumah yang terkena longsor di Bukit Meikarta, Kabupaten Mamuju," tuturnya.

Alat berat telah diturunkan untuk melakukan proses evakuasi korban yang masih tertimbun. Namun, kata Umar, proses pencarian terkendala lokasi longsor yang cukup dalam.

"Ini masih dalam rangka pencarian, 1 ekskavator sedang dipergunakan dan menurut lokasi rumah dan bukit yang ada di belakang rumah itu cukup dalam. Nanti pencarian korban ini menggunakan alat berat ekskavator dan juga kinen, kalau sudah penggalian mendekati korban. Ini diinformasikan masih ada 3 korban yang belum terangkat di reruntuhan tanah longsor," papar Umar.

Seperti diketahui, gempa terjadi di Majene dan Mamuju sejak Jumat (15/1) lalu. Hingga siang ini, total korban jiwa berjumlah 84 orang.

Saat ini, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap korban. Bantuan dari BNPB, Kemensos, ataupun pihak lainnya sudah dikirim ke Mamuju dan Majene.

Transmedia bersama CT ARSA Foundation mengajak siapapun untuk peduli dan membantu saudara-saudara di Sulawesi Barat. Donasi dapat disalurkan ke rekening yang tertera pada poster.

Transmedia bersama CT ARSA Foundation mengajak siapapun untuk peduli dan membantu saudara-saudara di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat. Donasi dapat disalurkan ke rekening yang tertera pada poster.Transmedia bersama CT ARSA Foundation mengajak siapapun untuk peduli dan membantu saudara-saudara di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat. Donasi dapat disalurkan ke rekening yang tertera pada poster. (Foto: Transmedia)
(mae/idh)