Pesan Mendagri Tito ke Komjen Sigit soal Soliditas Polri dan Binmas

Tiffany Theresia - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 15:26 WIB
Mendagri Tito Karnavian dalam rapat koordinasi terkait Pilkada 2020
Mendagri Tito Karnavian (Puspen Kemendagri)
Jakarta -

Calon Kapolri tunggal Komjen Listyo Sigit Prabowo menemui sejumlah mantan Kapolri, termasuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Dalam pertemuannya, Tito memberi pesan soal soliditas Polri hingga pembinaan masyarakat (binmas).

"Tadi juga Pak Sigit ke kediaman, tadi pagi jam 8.00 WIB lewat dikit, dengan Ibu Sigit. Saya sangat menghargai Pak Sigit yang datang ke para mantan Kapolri. Selain meminta masukan, juga minta restu. Itu memang tradisi," kata Tito di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (18/1/2021).

"Kita menghormati senior, saya juga sering begitu dulu. Sama tadi pagi juga, prinsipnya Pak Sigit ingin meminta masukan-masukan," sambung Tito.

Komjen Sigit menjadi calon Kapolri di usia 51 tahun, persis seperti ketika Tito juga menjadi calon Kapolri pada 2016. Tito memberikan masukan soal soliditas Polri hingga pendekatan lunak (soft approach) jajaran binmas kepada Komjen Sigit.

"Oh ya di antaranya bagaimana untuk membuat soliditas internal, ya karena Pak Sigit sama dengan saya, banyak senior di atas. Tapi kiat-kiat seperti itu saya kira cukup Pak Sigit dan saya yang tahu," ujar Tito.

"Kedua bagaimana memperkuat soft approach dengan jajaran binmas. Kemudian di samping kinerja lain dalam penegakan hukum yang tegas. Itu juga soft approach yang lain, dengan kegiatan binmas terutama," sambungnya.

Selain itu, Tito juga membicarakan soal kerja sama Kemendagri dan Polri dengan Komjen Sigit. Tito berharap dalam penanganan sengketa pilkada tak ada konflik.