Ulama Muda Madura: Komjen Sigit Jenderal Visioner

Tim detikcom - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 12:37 WIB
Pimpinan Ponpes Nurul Cholil Bangkalan Madura, KH Hasyim Zubair
Foto: Pimpinan Ponpes Nurul Cholil Bangkalan Madura, KH Hasyim Zubair (ist)
Jakarta -

Dukungan dari berbagai kalangan terus mengalir untuk Komjen Lisyo Sigit Prabowo yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon tunggal Kapolri. Ulama muda dari Madura juga turut memberi dukungan.

Dukungan tersebut datang dari Pimpinan Ponpes Nurul Cholil Bangkalan Madura, KH Hasyim Zubair. Dia mengatakan penunjukan Komjen Sigit sebagai calon tunggal Kapolri merupakan hak prerogatif Presiden yang dilindungi undang-undang.

"Presiden menunjuk beliau pasti berdasarkan pertimbangan objektif yang matang," kata Kiai Hasyim Zubair kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

Kiai Hasyim Zubair menilai, sebagai jenderal bintang tiga dan kini menjabat Kabareskrim, Komjen Sigit tentu mumpuni menjadi calon Kapolri. Dia secara pribadi mengaku mengenal Komjen Sigit sebagai sosok yang berintegritas, punya pergaulan luas serta dekat dengan kalangan ulama.

"Pak sigit yang saya kenal merupakan sosok perwira polisi yang berintegritas, visioner dalam kepemimpinan, dan bergaul luas dengan berbagai kalangan termasuk kalangan ulama, juga pondok pesantren tentunya," ucapnya.

Komjen Sigit sebentar lagi akan menjalani proses fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di DPR. Kiai Hasyim Zubair berharap jika Komjen Sigit dilantik menjadi Kapolri dia bisa membawa Polri makin profesional.

"Besar harapan kita Polri ke depan semakin profesional, menjadi pengayom di tengah masyarakat, dan mampu mewujudkan keadilan hukum. Tentu itu yang diharapkan masyarakat," ujarnya.

(hri/fjp)