Menengok Kampung Warna-warni Malang yang Mirip Atap Penuh Warna Ide Anies

Tim detikcom - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 11:32 WIB
Foto kampung warna-warni Jodipan, Malang dan warna-warni genting di flyover tapal kuda (dok. detikcom)
Foto: Foto kampung warna-warni Jodipan, Malang dan warna-warni genting di flyover tapal kuda (dok. detikcom)
Jakarta -

Pengecatan atap rumah yang berwarna-warni di sekitar flyover tapal kuda, Lenteng Agung, Jakarta Selatan menjadi sorotan. Pengecatan bermula dari ide Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ide ini mirip dengan kampung warna-warni di Malang yang sempat viral dan menjadi destinasi wisata.

Tampilan baru atas rumah di sekitar flyover itu diunggah di akun Instagram Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta pada Sabtu (16/1/2021). Terlihat ada beberapa foto dan satu video yang diunggah akun Instagram resmi Pemprov DKI itu.

Foto dan video itu terlihat diambil dari udara. Tampak tampilan atap yang berwarna-warni di atap rumah sekitar flyover tersebut. Terlihat juga gambar ondel-ondel yang menambah hiasan dari atap rumah itu.

Program ini disebut merupakan hasil kolaborasi Pemprov DKI dengan Dewan Kesenian Jakarta. Pengecatan atap rumah di sekitar Flyover Tapal Kuda menjadi warna-warni ini merupakan arahan Gubernur DKI, Anies Baswedan. Anies pernah mengemukakan idenya ini pada Agustus 2020.

Kala itu, Anies meminta Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali untuk membicarakan rencana pengecatan rumah sewarna itu dengan warga sekitar flyover. Penyeragaman warna cat rumah dimaksud agar pemandangan di sekitar flyover lebih estetik.

"Enak betul warnanya begini (genteng warga). Jangan dong. Kita yang tentukan warnanya apa. Kita sumbang kepada mereka," ujar Anies dalam siaran YouTube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (20/8/2020).

Pengecatan atap permukiman di sekitar flyover tapal kuda menuai kritik dari anggota DPRD DKI Jakarta karena dianggap bukan hal prioritas. Namun, Pemprov DKI Jakarta memastikan anggaran pengecatan tak bersumber dari APBD.

"Ya kita pengecatan tidak menggunakan dana APBD namun CSR dari cat propan," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho saat dihubungi detikcom, Minggu (17/1/2021).

Ide pengecatan genting-genting warna-warni ini mirip dengan konsep Kampung warna-warni di Kelurahan Jodipan, Kota Malang. Kampung ini viral pada tahun 2016.

Kampung warna-warni itu bahkan menjadi ikon resmi destinasi oleh Pemkot Malang. Namun, pengecatan genting-genting di Kampung itu bukan merupakan program Pemkot Malang, melainkan gagasan para mahasiswa.

Selanjutnya
Halaman
1 2