TNI AL Kerahkan Satgas Banjir ke Kalsel: Kopaska dan Dislambair

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 17 Jan 2021 02:20 WIB
Satgas banjir TNI AL diterjunkan ke Kalsel
Foto: Satgas banjir TNI AL diterjunkan ke Kalsel (Dok. Dispenal)
Jakarta -

TNI Angkatan Laut (AL) mengirim prajurit satuan tugas (satgas) banjir ke Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mengalami musibah banjir. Satgas banjir ini terdiri dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Dinas Penyelam Bawah Air (Dislambair).

Dalam keterangan tertulis TNI AL, Sabtu (16/1/2021), tahap awal prajurit yang dikirim memiliki kualifikasi penyelam yakni dari Kopaska dan Dislambair Komando Armada (Koarmada) II. Pengiriman dilaksanakan menggunakan pesawat Cassa NC 212-200 Aviocar U 6215 TNI AL dan tiba di Lanud Samsudin Noor, Banjarbaru.

Para penyelam yang didatangkan dari Surabaya ini menambah jumlah personel dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banjarmsin sebanyak 30 personil yang sudah terjun melaksanakan evakuasi. Para prajurit TNI AL dilengkapi dengan peralatan bantuan search and rescue (SAR) berupa perahu karet, kompressor, dan peralatan selam.

Rencananya, TNI AL akan menambah jumlah prajurit satgas banjir yang berasal dari kesatuan Pasukan Marinir I Jakarta sebanyak 50 personel. Satgas banjir ini yang dilengkapi dengan peralatan SAR dan komunikasi seperti, perahu karet, motor tempel 10, dapur lapangan, tenda serbaguna, sleeping bed, radio HF SSB, radio UHF HT Hytera, genset, repeater UHF dan oksigen portable.

Sementara itu, Wakil Komandan Lantamal XII Kolonel Mar Nur Azis membagikan bantuan berupa sembako tahap pertama dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis yang diterima pembekal kelurahan Martapura dan selanjutnya didistribusikan kepada seluruh warga yang mengungsi di posko tersebut.

Kemensos sebelumnya menyiapkan posko untuk dapur umum di lokasi banjir di Kalsel. Bantuan logistik juga sudah dikirimkan.

"Kita lagi menyiapkan balai kita menjadi posko untuk dapur umum. Aku belum mendapatkan laporan detail, tapi kita sudah mengirimkan bantuan ke sana untuk makanan," kata Mensos Tri Rismaharini (Risma) kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (16/1).

Risma mengaku Senin (18/1) akan mendatangi lokasi bencana banjir di Kalimantan Selatan. Risma juga mengaku sudah mengirimkan bantuan logistik untukwarga terdampak banjir.

"Senin mau ke Kalimantan. Iya (ke lokasi banjir)," ungkap Risma.

(rfs/rfs)