KN Singa Laut Bakamla Dikerahkan Bantu Korban Gempa Sulbar

Andhika Prasetia - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 14:55 WIB
KN Singa Laut milik Bakamla
Bakamla RI turut serta membantu korban gempa di Sulawesi Barat (Sulbar). KN Singa Laut milik Bakamla dikerahkan. (Foto: dok. Bakamla RI)
Mamuju -

Indonesia Coast Guard atau Bakamla RI turut serta membantu korban gempa di Sulawesi Barat (Sulbar). KN Singa Laut milik Bakamla dikerahkan.

"Kepala Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Leonidas Braksan segera mengkoordinasikan bantuan dengan Pemerintah Provinsi Sulut dan Polda Sulut. Selain itu, ia juga memerintahkan KN Singa Laut bersiap melaksanakan dukungan serlog ke wilayah gempa," ujar Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (16/1/2021).

Bantuan kapal ini dimaksudkan karena jalur darat di Majene dan Mamuju, dua daerah yang paling terdampak gempa, terputus. Sehingga bantuan logistik hanya bisa dilakukan melalui jalur air dan jalur udara.

Direktur Operasi Laut Bakamla Laksma Bakamla Suwito segera menyusun rencana operasi laut dalam rangka mendukung kegiatan penanggulangan gempa Sulbar. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan dukungan unsur laut Bakamla lainnya.

KN Singa Bakamla akan melakukan loading logistik pada Minggu (17/1). Pada Senin (18/1), KN Singa Bakamla menuju lokasi gempa Sulbar.

"Direncanakan hari Minggu akan dilaksanakan kegiatan loading bahan kontak, dan Senin bertolak menuju daerah bencana," ujar Wisnu.


Halaman berikutnya soal musibah gempa Sulbar...

Selanjutnya
Halaman
1 2