Banjir Bandang Landa Desa Alat Kalsel, Sekitar 50 Rumah Hanyut

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 14:22 WIB
Tangkapan layar rumah hancur akibat banjir di Desa Alat, Kalimantan Selatan (Dok Istimewa)
Tangkapan layar rumah hancur akibat banjir di Desa Alat, Kalimantan Selatan (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Banjir bandang melanda Desa Alat, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan (Kalsel). Terdapat sekitar 50 rumah hanyut terdampak banjir di desa tersebut.

Menurut pantauan video yang didapat detikcom dari Komunitas ARSA Kalimantan Selatan, Farah Putriana, per hari ini setidaknya ada 50 rumah di kawasan Desa Alat yang hanyut terdampak banjir. Bukan hanya rumah warga, sejumlah fasilitas rumah ibadah juga terdampak banjir bandang itu.


"Ini, Saudara-saudara, inilah sisa-sisa bangunan rumah yang tersisa sehabis diterjang banjir bandang tadi malam. Ini letaknya di Desa Alat Seberang. Diperkirakan untuk wilayah Alat, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, diperkirakan 50 unit rumah yang terhanyut arus banjir," kata salah seorang warga dalam video tersebut, seperti dikutip detikcom, Sabtu (16/1/2021).

Dalam video tersebut, tampak sejumlah rumah warga sekitar hancur terdampak banjir. Terlihat genting rumah roboh serta sisa-sisa bangunan dan pohon yang hanyut dibawa air masih memenuhi lokasi sekitar.

Tampak pula sejumlah warga melakukan evakuasi di lokasi sekitar. Selain itu, terlihat aliran air masih terlihat deras dalam video.

Untuk diketahui, sebuah jembatan gantung di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ambruk diterjang banjir. Peristiwa itu terekam video milik warga.

Jembatan gantung itu terletak di Desa Tapango, Kecamatan Tapango, Polewali Mandar. Ambruknya jembatan gantung itu terjadi pada Rabu (13/1) sore.

"Jadi yang pertama, memang akibat curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini, awal-awal kita sudah mengimbau masyarakat untuk antisipasi (banjir) dan hari ini benar-benar terjadi," kata Dandim 1402/Polmas Letkol Hari Purnomo, kepada wartawan di kantornya, Rabu malam.

Banjir bandang yang merendam wilayah Kalimantan Selatan juga merendam lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan. Akibatnya, tahanan pun mulai dievakuasi.

"Hari ini debit air belum surut, hingga mencapai pinggang orang dewasa," ujar Kepala Rutan II-B Barabai, Gusti Iskandarsyah, dalam keterangan yang disampaikan Kabag Humas Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM Rika Aprianti, Jumat (15/1).

Tonton video '50 Rumah di Desa Alat Hanyut Diterjang Banjir Bandang Kalsel':

[Gambas:Video 20detik]



(hel/hri)