Polisi Tangkap 2 Pengedar Narkoba di Bekasi, 146 Gram Sabu Disita

Tiffany Theresia - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 12:25 WIB
Ilustrasi narkoba, sabu putau ganja
Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta - Polisi meringkus dua pengedar narkoba di kawasan Bekasi Timur, Jawa Barat. Keduanya diketahui berperan sebagai pengedar yang kerap memasok narkoba itu ke wilayah Bekasi.

Kasat Narkoba Polres Bekasi Kompol Budi Setiadi mengatakan pihaknya menerima laporan adanya peredaran sabu dari warga. Pada Kamis (14/1) polisi kemudian berhasil menangkap satu orang pelaku atas nama Jati alias Ong di wilayah Tambun, Kabupaten Bekasi.

"Pelaku Jati menerangkan sebagai kurir dalam menjalankan aksi pelaku dibantu oleh pelaku Boni. Keduanya berhasil kita tangkap," kata Budi saat dimintai konfirmasi, Sabtu (16/1/2021).

Dari tangan keduanya polisi mendapatkan sejumlah barang bukti sabu. Budi menyebut kedua pelaku telah melakukan aksinya selama 8 bulan.

"Dari kedua tangan kedua pelaku diamankan tujuh paket sabu dengan total berat 146 gram narkotika jenis sabu siap edar," ujarnya.

Budi menambahkan, kedua kurir tersebut mendapatkan barang haram itu dari seorang bandar yang berada di Bandung, Jawa Barat. Kemudian, narkoba itu diedarkan ke wilayah Banten, Jawa Barat, hingga Bekasi.

"Hasil interogasi yang kami lakukan pada kedua pelaku mengaku barang tersebut di dapat dari bandar yang berada di wilayah Bandung, Jawa Barat. Namun penyerahan barang haram tersebut dilakukan dengan secara sistem tempel di wilayah Tanggerang, Banten, dan diedarkan di wilayah Kabupaten Bekasi hingga Banten," jelas Budi.

Atas perbuatannya tersebut, pelaku dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 subsider 112 ayat dua Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman seumur hidup. (ygs/eva)