detikcom Do Your Magic

Pemkot Tangsel akan Awasi Flyover Ciputat dari Pembuang Sampah Sembarangan

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 13:53 WIB
Hadir di lokasi, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangsel Rastra Yudhatama (Yudha), Kapolsek Ciputat Timur Kompol Endy Mahandika, dan tokoh masyarakat Ciputat Kurniawan. (Taufieq RA/detikcom)
Foto: Hadir di lokasi, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangsel Rastra Yudhatama (Yudha), Kapolsek Ciputat Timur Kompol Endy Mahandika, dan tokoh masyarakat Ciputat Kurniawan. (Taufieq RA/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan mengawasi flyover Ciputat dari pembuang sampah sebarangan. Akan ada petugas yang piket malam di bawah flyover Ciputat atau Jalan Dewi Sartika.

"Dan untuk pengawasan yang lebih ketat, kita akan rencanakan malam ini piket, piket malam yang akan direncanakan setelah magrib. Untuk mengawasi dan melihat pelaku-pelaku pembuang liar sampah yang sering dilakukan di trotoar dan pinggir jalan di bawah flyover Ciputat," kata Kepala Seksi Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup, Tangsel, Rastra Yudhatama (Yudha) kepada detikcom, di Jalan Dewi Sartika, Tangsel, Jumat (15/1/2021).

Pihak DLH berencana untuk bekerjasama dengan pihak Satpol PP Kota Tangsel untuk melakukan piket malam. Nantinya DLH akan berkordinasi lebih lanjut kepada Satpol PP mengenai rencana ini.

"Rencana kita akan melakukan piket malam dalam waktu dekat ini, mungkin bergabung dengan Satpol PP Kota Tangerang Selatan. Nanti kita bersurat ataupun secara lisan meminta pembantuan untuk piket malam kepada Pol PP Kota Tangerang Selatan," ujar Yudha.

Kota Tangsel memiliki Peraturan Daerah (Perda) nomor 13 tahun 2019 yang mengatur buang sampah sembarangan. Ada sanksi bagi pelaku pembuang sampah sembarang tersebut.

"Buang sampah itu melanggar Perda No 13 Tahun 2019 tentang pengelolaan sampah. Yang dimana dalam Perda itu terdapat sanksi, sanksinya itu berupa denda dari yang teringan sampai yang terberat," ungkap Yudha.

Yudha merencanakan pembuatan pos pantau di bawah flyover Ciputat di tahun 2021. Pos jadi lokasi petugas untuk mengawasi kondisi di area flyover Ciputat.

"Dan satu hal lagi, program yang akan saya lakukan ditahun ini adalah membuat pos pantau. Pos pantau itu di bawah flyover Ciputat yang akan kita fungsikan sebagai pengawasan terhadap pembuang liar yang memang sering berada di flyover Ciputat," pungkas Yudha.

Tong-tong sampah di gang permukiman dekat flyover Ciputat, solusi perilaku buang sampah di dekat Pasar Ciputat ini. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)Tong-tong sampah di gang permukiman dekat flyover Ciputat, solusi perilaku buang sampah di dekat Pasar Ciputat ini. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom) Foto: Tong-tong sampah di gang permukiman dekat flyover Ciputat, solusi perilaku buang sampah di dekat Pasar Ciputat ini. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)

Video Pemkot Hingga Warga Bersih-bersih Sampah di Ciputat:

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)