BMKG: Dimungkinkan Gempa Susulan Cukup Kuat di Majene, Jauhi Gedung Tinggi!

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 10:38 WIB
Warga mengamati Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa bumi,  di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Petugas BPBD SUlawesi Barat masih mendata jumlah kerusakan dan korban akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 tersebut. ANTARA FOTO/Akbar Tado/wpa/hp.
Bangunan roboh akibat gempa di Majene dan Mamuju, Sulbar. (Akbar Tado/Antara Foto)
Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menganalisis masih ada kemungkinan gempa susulan yang cukup kuat di Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Masyarakat diminta siaga dan tetap memonitor info BMKG.

"Tadi kami sampaikan, gempa-gempa susulan masih terjadi dan kami menganalisis, berdasarkan data-data kegempaan yang pernah kami rekam dan history yang lalu, kami menganalisis masih dimungkinkan adanya gempa susulan yang cukup kuat seperti dini hari tadi. Masih dimungkinkan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers di YouTube BMKG, Jumat (15/1/2021).

BMKG mengimbau masyarakat setempat agar menjauhi gedung-gedung tinggi. Gempa dengan magnitudo (M) 6,2 dini hari tadi membuat puluhan rumah rusak dan objek vital seperti kantor Gubernur Sulbar ambruk.

"Kami mengimbau kepada masyarakat dan pemerintah daerah, pihak-pihak yang ada di Majene dan sekitarnya, agar menghindari. saat ini masih siaga, berjaga-jaga, jangan berada pada bangunan-bangunan, gedung yang tinggi. Hindari bangunan-bangunan tersebut, karena dikhawatirkan masih berpotensi gempa susulan dan juga apabila rumah-rumah ini," kata Dwikorita.

"Karena gempa cukup kuat, dikhawatirkan cukup banyak kerusakan-kerusakan rumah, sebaiknya jangan berada di situ karena gempa-gempa susulan terjadi dan masih dimungkinkan untuk cukup kuat lagi seperti dini hari," sambungnya.

Tetapi BMKG berpesan kepada masyarakat untuk tenang serta berada di lokasi yang aman dan jauh dari bangunan. Masyarakat diimbau memonitor informasi yang disampaikan BMKG.

"Namun kami mengimbau tetap tenang masyarakat, meskipun berupaya di lokasi yang aman, jauh dari lokasi bangunan tersebut dan terus memonitor informasi BMKG," kata Dwikorita.

Tonton video 'Basarnas Mamuju Terjunkan 4 Regu Evakuasi Korban Gempa':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2