Jokowi Perintahkan Mensos Risma-Kepala BNPB ke Lokasi Gempa Mamuju

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 10:12 WIB
Residents inspect earthquake-damaged buildings in Mamuju, West Sulawesi, Indonesia, Friday, Jan. 15, 2021. A strong inland and shallow earthquake hit eastern Indonesia early Friday causing people to panic in parts of the countrys Sulawesi island and run to higher ground. (AP Photo/Rudy Akdyaksyah)
Kerusakan akibat gempa di Majene dan Mamuju, Sulbar. (Foto: pool)
Jakarta -

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,2 terjadi di Majene dan juga berdampak ke Mamuju, Provinsi Sulbar. Mendengar peristiwa ini, Presiden Jokowi memerintahkan Kepala BNPB Doni Monardo dan Mensos Tri Rismaharini (Risma) ke lokasi gempa.

"Pagi ini 15 Januari 2021, Kepala BNPB siap siap melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat bersama sejumlah anggota DPR RI dari Komisi VIII. Mendengar kabar terjadinya gempa di Mamuju Sulbar, Presiden memerintahkan Doni Monardo dan Mensos Risma berangkat ke Mamuju dan segera merubah rencana, berangkat ke Mamuju Sulawesi Barat," ujar Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah, Jumat (15/1/2021).

Doni sendiri membatalkan kunjungannya ke Sumedang hari ini. Untuk gempa di Majene dan Mamuju, Doni memerintahkan 4 helikopter ke lokasi.

"Doni juga langsung menginstruksikan helikopter BNPB menuju lokasi bencana. Ada 4 helikopter BNPB dikerahkan," kata Egy.

Sedangkan, Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Biro Humas Kemensos Herman Koswara mengatakan, Risma akan berangkat menuju Mamuju dengan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara. Risma akan berangkat dari Jakarta melalui bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Saat dihubungi oleh tim detikcom pada pukul 09.45 WIB, Risma sudah berada di Bandara Halim Perdana Kusuma dan siap berangkat menuju lokasi bencana gempa di Mamuju, Sulawesi Barat.

"Posisi saat ini sudah di Halim. Berangkatnya kurang tau jam berapa karena menggunakan pesawat angkatan udara," ungkap Herman.

"Untuk kembali ke sini lagi nanti masih akan dilihat situasi gitu ya," lanjutnya.

Simak video 'Basarnas Mamuju Terjunkan 4 Regu Evakuasi Korban Gempa':

[Gambas:Video 20detik]