Penyintas COVID-19, Anies Baswedan Donor Plasma Konvalesen

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 20:52 WIB
Anies Baswedan donor plasma konvalesen (Dok. Pemprov DKI).
Anies Baswedan donor plasma konvalesen (Dok. Pemprov DKI)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan donor plasma konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta hari ini. Anies melakukan donor karena menjadi penyintas COVID-19.

"Saya (hari ini) baru saja selesai donor plasma konvalesen," kata Anies Baswedan melalui keterangan tertulis, Kamis (14/1/2021).

Anies Baswedan mengatakan donor plasma konvalesen ini merupakan bentuk rasa syukurnya karena bisa terbebas dari COVID-19. Anies Baswedan berharap bisa membantu lebih warga setelah mengajukan diri sebagai donor.

"Kita semua yang menjadi penyintas COVID-19 sangat bersyukur sekali hari ini karena bisa bersama keluarga berkumpul meskipun pada saat yang bersamaan ada saudara-saudara kita sedang dirawat di rumah sakit. Mereka bisa berkumpul dengan keluarga kembali jika sembuh dan plasma konvalesen bisa membantu mereka," ucapnya.

Orang nomor satu di DKI Jakarta ini pun mengajak masyarakat yang pernah terpapar virus Corona mau mendonorkan darahnya. Dengan begitu, lanjut Anies Baswedan, pasien COVID-19 dapat kembali berkumpul bersama keluarganya.

"Mari kita bantu saudara-saudara kita merasakan apa yang kita rasakan saat ini dengan bisa kembali bersama keluarganya. Selama setengah jam Anda datang ke PMI, seumur hidup siapapun akan terselamatkan. Kami mengundang semuanya untuk menjadi donor plasma konvalesen," ucapnya.

Berdasarkan keterangan Pemprov DKI, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi bagi pendonor plasma konvalesen adalah pernah didiagnosis positif COVID-19 baik melalui pemeriksaan swab PCR ataupun swab antigen. Selain itu, pendonor wajib terbebas dari gejala COVID-19 sekurang-kurangnya 14 hari.

(gbr/gbr)