detikcom Do Your Magic

Pemkot Jakpus: Trotoar Seberang BNI City Rusak Gegara Skateboard Malam

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 18:41 WIB
Taman-Trotoar di seberang Stasiun BNI City yang rusak, berlahan mulai diperbaiki.
Taman-trotoar di seberang Stasiun BNI City yang rusak perlahan mulai diperbaiki. (Syahidah Izzata Sabiila/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) mendapat laporan soal rusaknya taman-trotoar di Kanal Banjir Barat (KBB) seberang Stasiun BNI City yang dinormalisasi. Ada dugaan kerusakan terjadi karena ada yang bermain skateboard di lokasi tersebut.

"Fondasi (lantai) bukan buat itu, itu kan bukan buat skateboard, tapi buat orang jalan. Jadi beda fondasi," ucap Plt Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, saat dihubungi, Kamis (14/1/2020).

Menurut Irwandi, ada kemungkinan pemain skateboard akan terus berdatangan ke taman dan trotoar seberang BNI City yang dinaturalisasi sehingga akan ada kerusakan lagi setelah diperbaiki.

"Jadi, kalau kita perbaiki nih, dia main lagi, jebol lagi," katanya.

Para pemain skateboard yang merusak trotoar merupakan pemain yang sebelumnya sering bermain skateboard di Tamah Dukuh Atas. Namun saat ini taman-taman ditutup karena aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat.

"Waktu Dukuh Atas, taman ditutup, pada main di situ (seberang Stasiun BNI City). Itu kan Dukuh Atas memang khusus buat skateboard," katanya.

"Kemarin kata SDA, Dinas, kita perbaiki lagi, mereka main di situ lagi. Harusnya taman dibuka, main ke sana jadi (KBB seberang BNI City) nggak diganggu," ujarnya.

Menurut Irwandi, pemerintah kota sudah merapikan sebisanya. Seperti mengecat dan merapikan kabel. Lokasinya ada di Jl RM Margono Djojohadikoesoemo, tidak jauh dari Jl Jenderal Sudirman.

"Kemarin dicat, kemarin Camat Tanah Abang disuruh perbaikan itu. (Kalau batas tanggung jawab pengembang) sampai Februari ya. Segera itu (harus diperbaiki)," katanya.

Trotoar KBB Jl RM Margono Djojohadikoesoemo, Menteng, Jakpus. (Syahidah Izzata/detikcom)Trotoar KBB Jl RM Margono Djojohadikoesoemo, Menteng, Jakpus. (Syahidah Izzata/detikcom)

Menurutnya, pemain skateboard bermain tengah malam. Saat itu, penjagaan oleh Pemkot Jakpus sudah longgar.

"Mereka main di situ tengah malem, pukul 1, jadi penjagaan nggak ada. Mereka main tengah malam. Jam 10 nggak ada, main pukul 12," katanya.

Irwandi menyebut akan berkoordinasi dengan Satpol PP dan Polsek Tanah Abang untuk berpatroli. Jika ada yang bermain skateboard di trotoar selatan KBB, maka akan dibubarkan.

"Kita akan koordinasi dengan pengaman. Nanti saya minta tolong, Satpol PP sama Polsek. Jadi memang ada PR," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2